Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagih Pembeli Bayar Rp 600 untuk Kantong Kertas, Toko Sepatu India Didenda Rp 1,8 Juta

Kompas.com - 15/04/2019, 19:14 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

CHANDIGARH, KOMPAS.com - Sebuah toko sepatu ternama di India telah diperintahkan untuk membayar hingga 9000 rupee (sekitar Rp 1,8 juta) setelah mengenakan biaya 3 rupee (Rp 600) untuk sebuah kantong kertas.

Toko sepatu Bata India Ltd dituding telah bertindak kurang dalam layanannya setelah meminta pelanggan membayar sebesar 3 rupee (Rp 600) untuk kantong kertas yang dipakai membawa sepatu yang dibeli.

Tindakan toko sepatu itu menuai keluhan dari salah seorang pembeli, Dinesh Prasad Raturi, dari Chandigarh, yang kemudian mengaku kepada forum konsumen.

Dilansir India Today, Raturi membeli sepasang sepatu pada 5 Februari lalu di sebuah cabang toko Bata yang ada di Sektor 22D, di kota Chandigarh, India utara.

Baca juga: Kuliti Bangkai Sapi di India, Satu Orang Tewas Dihajar Massa di India

Raturi membayar harga 402 rupee (Rp 81.000) yang termasuk biaya sebuah kantong kertas untuk membawa sepatu yang dibelinya.

Dia pun mengadu kepada forum konsumen bahwa pihak toko telah memaksa pembeli untuk membayar kantong kertas tersebut yang juga memuat logo merek toko, tindakan yang seharusnya tidak dibenarkan.

Dengan mengadukan kasus ini kepada forum konsumen, Raturi menuntut kepada toko tersebut agar mengembalikan uang untuk membayar kantong itu sebesar 3 rupee, ditambah dengan kompensasi atas kurangnya pelayanan.

Pihak toko Bata India membantah tuduhan pihaknya telah kurang dalam pelayanan. Namun forum konsumen itu mengatakan, memaksa pelanggan untuk membayar kantong kertas, yang seharusnya menjadi kewajiban toko, adalah betuk kekurangan layanan.

Forum konsumen itu juga mengarahkan Bata India untuk menyediakan kantong kertas gratus kepada para pelanggannya.

Forum itu menambahkan, jika fokus perhatian perusahaan adalah kekhawatiran terhadap lingkungan, maka perusahaan seharusnya menyediakan kantong kertas gratis yang ramah lingkungan untuk para pelanggan mereka.

Baca juga: Stasiun Televisi di India Ini Dilarang Siarkan Konten Politik selama Pemilu

Forum tersebut telah memutuskan untuk mengarahkan Bata India Ltd untuk mengembalikan biaya kantong kertas sebesar 3 rupess, ditambah dengan biaya pengadilan sebesar 1.00 rupee.

Bata juga diminta membayar hingga 3.000 ringgit sebagai kompensasi terhadap pelanggan atas pengalaman buruk yang disebabkan pelayanan yang buruk.

Selain itu, forum juga mengarahkan kepada pihak toko untuk menyetorkan dana deposit sebesar 5.000 rupee (sebesar Rp 1.000.000) ke rekening bantuan hukum Komisi Penanganan Sengketa Konsumen Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com