Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggalangan Dana Kampanye Trump Ungguli Dua Kandidat Utama Demokrat

Kompas.com - 15/04/2019, 18:29 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,VOA News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump tinggal menunggu kandidat capres dari Partai Demokrat yang akan melawannya dalam pilpres 2020.

Hingga kuartal pertama tahun ini, tim kampanye pemilihan kembali Trump telah mengumpulkan lebih dari 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 421,8 miliar.

Diwartakan CNN, Minggu (14/4/2019), jumlah tersebut telah menyaingi penggalangan dana kampanye dari dua kandidat teratas Partai Demokrat.

Baca juga: CEO Huawei: Trump adalah Presiden Hebat, Tapi Punya Kekurangan

Direktur Komunikasi Kampanye Trump, Tim Murtaugh, mengatakan dana yang tersimpan di bank hingga kini mencapai 40,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 573,7 miliar.

Sementara, Senator Vermont, Bernie Sanders, memimpin pengumpulan dana kampanye di Partai Demokrat dengan 18,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 256 miliar.

Menyusul pada posisi kedua, ada Senator California, Kamala Harris, yang mengumpulkan 12 juta dollar AS atau sekitar Rp 168,7 miliar.

"Strategi Trump adalah untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin dan untuk mengendalikan perbincangan nasional," kata Nathan Gonzales, editor situs analisis politik non-partisan, Inside Elections.

Meski demikian, Gonzales menyebut penggalangan dana total untuk Partai Demokrat menunjukkan donatur tetap bersemangat dan akan mengucurkan jumlah besar untuk pertempuran pemilu.

Antusiasme donatur untuk Partai Demokrat terlihat dari pencapaian Wali Kota South Bend, Pete Buttigieg, yang melampaui harapan dengan angka 7 juta dollar AS atau sekitar Rp 98,4 miliar pada kuartal pertama.

Dia mengumpulkan lagi 1 juta dollar AS atau Rp 14 miliar dalam beberapa jam setelah secara resmi meluncurkan kampanye kepresidenannya pada Minggu.

Baca juga: Trump: Saya Tidak Tahu Apa Pun soal WikiLeaks

Meski demikian, Trump terus memberi dukungan kepada donatur akar rumput. Tim kampanyenya mengatakan hampir 99 persen donasi adalah sekitar 200 dollar atau kurang, dengan kontribusi rata-rata 34,26 dollar.

VOA News mencatat, Trump menetapkan target penggalangan dana sebesar 1 miliar dollar AS dalam pilpres 2020.

"Trump berada dalam posisi yang jauh lebih kuat pada saat ini daripada presiden yang menjabat sebelumnya yang mencalonkan diri untuk pemilihan kembali," ujar Manajer
Kampanye Trump, Brad Parscale.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,VOA News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com