Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julian Assange Ditangkap, Bagaimana Nasib Kucing Peliharaannya?

Kompas.com - 14/04/2019, 13:15 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,NPR

LONDON, KOMPAS.com - Pendiri situs WikiLeaks, Julian Assange ditangkap polisi London, Inggris, di Kedutaan Besar Ekuador pada Kamis (11/4/2019). 

Penangkapan Assange dilakukan setelah Presiden Ekuador Lenin Moreno mencabut suaka karena Assange disebut melanggar hukum internasional, dengan tudingan berkonspirasi untuk meretas jaringan komputer Pentagon.

"Kami sudah mengakhiri suaka pria manja ini," katanya, ketika mengumumkan diakhirinya suaka Assange setelah 7 tahun berada di Kedubes Ekuador.

Baca juga: Julian Assange Disidang karena Bobol Password, Bukan Bocorkan Rahasia Negara

Namun, pertanyaan selanjutnya yang beredar di media sosial adalah soal bagaimana nasib suaka kucing peliharaan Assange?

Assange memiliki seekor kucing bernama Michi, yang punya akun media sosial sendiri di Twitter dan Instagram dengan nama Embassy Cat.

Dengan lebih dari 30.000 pengikut Twitter, Michi dipastikan aman karena Assange meminta pengacaranya untuk menyelamatkan hewan berbulu itu.

"Kami dapat menginformasikan, kucing Assange aman," demikian tulis WikiLeaks dalam unggahan di Twitter 

"Assange meminta pengacaranya untuk menyelamatkan kucing itu dari ancaman kedubes pada pertengahan Oktober lalu. Mereka akan dipersatukan kembali dalam kebebasan," lanjutnya.

Diwartakan CNN, Minggu (14/4/2019), Assange diketahui mendapatkan kucing itu pada 2016, yang kemudian menjadi sensasi di internet ketika berpose dengan Assange.

Pada 2018, seorang hakim mengatakan kepada Assange, dia harus mematuhi peraturan baru yang diberlakukan oleh kedubes, termasuk membayar dan merawat kucingnya 

Baca juga: Pakar HAM PBB Sebut Assange Terancam Disiksa Jika Diekstradisi ke AS

Laporan NPR menyebutkan, akun Twitter Michi, mulai teratur mengunggah kicauan pada Mei 2017. Foto-foto lucunya menghiasai media sosial itu, dengan sedikit kata-kata berbumbu politik.

Pada musim gugur 2016, kicauannya menjadi lebih jarang. Kemudian pada 2017, kucing itu hanya berkicau sebanyak tiga kali.

Pada tahun lalu, akun Twitter Michi berkicau dua kali. Sementara, akun Instagram-nya lebih lama lagi berdiam, yaitu lebih dari dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,NPR
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com