Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Ditahan Usai Coba Bakar Diri di Depan Gedung Putih

Kompas.com - 13/04/2019, 23:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber CBS News

WASHINGTON, KOMPAS.com - Seorang pria ditahan agen Secret Service setelah kedapatan berusaha membakar dirinya di depan Gedung Putih, pada Jumat (12/4/2019) petang.

Dilansir CBS News, insiden terjadi sekitar pukul 15.00 petang waktu setempat, saat seorang pria yang mendadak menyalakan api dan mencoba membakar dirinya.

Sejumlah agen Secret Service langsung bertindak memadamkan api dengan alat pemadam api ringan dan menahan pria tersebut. Sementara petugas kepolisian Metropolitan menggeledah dua buah tas yang diduga milik pelaku.

"Petugas Divisi Seragam USSS (Secret Service AS) langsung mengambil tindakan dalam beberapa detik, memadamkan api, dan kemudian memberikan pertolongan pertama," tulis pernyataan Secret Service.

Baca juga: Tak Bawa Paspor saat Tur Sekolah, Tiga Siswa Asing Dilarang Masuk Gedung Putih

Pria tersebut ditahan dan dibawa ke rumah sakit setempat untuk memeriksakan luka bakar yang dideritanya.

"Pria itu mengalami luka yang tidak mengancam nyawa," tambah Secret Service.

Jalur lalu lintas pejalan kaki di Pennsylvania Avenue ditutup sementara seusai insiden, sementara penyelidikan sedang berlangsung.

"Tidak jelas apa motif pria tersebut atau bagaimana kondisi mentalnya pada saat itu," kata petugas.

Menurut laporan staf CBS News yang menyaksikan insiden tersebut, tersangka ditahan oleh petugas Secret Service di dekat Taman Lafayette yang tepat di seberang Gedung Putih. Pria itu ditahan secara fisik dan dibawa ke sisi lain taman.

Akibat insiden, Gedung Putih sempat ditempatkan dalam status tertutup pada Jumat (12/4/2019) sore, menahan staf maupun jurnalis keluar dan mencegah seorang pun untuk masuk.

Penutupan juga dilakukan di ruas jalan dan jalur pejalan kaki di luar Gedung Putih.

Baca juga: Gedung Putih Direnovasi, Trump Berlibur ke Resornya di New Jersey

Dilansir CBS News, ini menjadi insiden kesekian kali yang menguji pengamanan gedung pemerintahan oleh Secret Service yang tengah menghadapi kritik dalam beberapa tahun terakhir, menyusul sejumlah kasus pelanggaran keamanan yang terjadi di Gedung Putih.

Pada 2014, seorang pria memanjat pagar Gedung Putih dan berlari melintasi halaman hingga memasuki serambi utara sebelum dihentikan petugas.

Akhir Maret lalu, seorang perempuan China juga ditahan saat berupaya memasuki klub Mar-a-Lago di Florida saat Presiden Donald Trump bermain golf di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CBS News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com