Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Rekor Penerbangan Trans-Atlantik, Penerbangan Solo hingga Balon Zeppelin

Kompas.com - 12/04/2019, 17:36 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pengembangan teknologi aviasi dilakukan untuk menghemat waktu tempuh saat melakukan perjalanan jauh. Salah satu tantangan pada masa itu adalah penerbangan melintasi samudra, salah satunya Samudra Atlantik.

Penerbangan melewati Samudra Atlantik memiliki rute dari Eropa, Afrika, atau Timur Tengah ke Amerika Utara, Amerika Tengah, atau Amerika Selatan, atau sebaliknya.

Jarak yang panjang dan risiko yang besar menjadikan penerbangan trans-Atlantik menjadi kompetisi tersendiri bagi pelakunya. Berbagai perusahaan hingga surat kabar menawarkan hadiah besar kepada siapa saja yang berhasil melewati Samudra Atlantik.

Namun, sejak pertengahan abad ke-20, penerbangan trans-Atlantik telah menjadi hal yang rutin, untuk tujuan komersial, militer, diplomatik, dan lainnya.

Meski begitu, berikut adalah beberapa pencapaian rekor penerbangan Tranatlantik

1. Penerbangan solo pertama

Pesawat Charles A Lindbergh bersiap terbangpioneersofflight Pesawat Charles A Lindbergh bersiap terbang

Charles A Lindbergh merupakan seorang pilot dan tentara Angkatan Darat AS. Keahlian penerbangannya berawal ketika ia meninggalkan perguruan tinggi dan nekat masuk militer.

Setelah menjadi pilot, dia menerbangkan pesawat dan mengirimkan surat-surat dari Saint Louis ke Chicago.

Pada 1919, Raymond Orteig, seorang pemilik hotel di New York City, menawarkan hadiah 25.000 dollar AS kepada pilot pertama yang terbang tanpa henti dari New York ke Paris.

Pada1927, empat orang telah tewas, tiga orang terluka parah, dan dua orang lagi hilang dalam upaya itu, tetapi hadiah itu masih tetap menggoda.

Akhirnya, Charles A Lindbergh menggunakan pesawat "Spirit of St Louis" dari hasil bantuan sponsornya. Dia memulai penerbangan pada 21 Mei 1927.

Dia berjuang dengan rasa kantuk, berjuang untuk tetap terjaga ketika pesawat hanya berjalan beberapa meter di atas laut. Akhirnya, ia bisa mencapai Paris setelah 33 jam penerbangan.

Lindbergh akhirnya mendapat apresiasi karena keberhasilan penerbangan solo trans-Atlantik dari AS menuju Perancis. Setelah kembali ke AS, ia melakukan tur di 92 kota di 49 negara bagian.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Pertama Melintasi Gunung Everest

2. Perempuan pertama

Amelia EarhartMirror.co.uk Amelia Earhart
Amelia Earhart merupakan pilot perempuan asal Amerika Serikat (AS) yang dikenal sebagai salah satu pionir dalam dunia penerbangan.

Ketika masih menjadi perawat di Spadina, Earhart dan teman-temannya menyaksikan pertunjukan terbang pesawat Perang Dunia I di Toronto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com