Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Texas Usulkan Hukuman Mati bagi Wanita yang Lakukan Aborsi

Kompas.com - 11/04/2019, 21:26 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

AUSTIN, KOMPAS.com - Politisi Negara Bagian Texas, Amerika Serikat (AS), dilaporkan mengusulkan supaya pelaku aborsi bisa dijerat dengan hukuman mati.

Dilaporkan The Independent Kamis (11/4/2019), tindakan menggugurkan kandungan masih dikategorikan legal, dengan rancangan itu ingin menempatkan aborsi sebagai kejahatan tertinggi.

Baca juga: Korsel Putuskan Larangan Aborsi Bertentangan dengan Konstitusi

Rancangan undang-undang itu bakal menjerat perempuan yang melakukan aborsi dengan dokter yang melaksanakan prosedur tersebut.

Undang-undang itu meminta pemerintah dan aparat Texas menegakkannya terlepas dari peraturan federal, keputusan presiden, hingga vonis pengadilan.

"Sebuah janin yang berasal dari pembuahan mendapat hak hidup dan hak istimewa lainnya yang dijamin oleh peraturan negara ini," demikian isi aturan itu.

Diwartakan CNN, aturan itu sempat diperkenalkan pada 2017. Namun, saat itu tidak dimasukkan dalam program legislasi negara bagian.

Aturan itu tidak akan memberi kelonggaran bagi perempuan yang mengalami pemerkosaan, hasil hubungan sedarah, hingga ibu yang mengalami risiko karena kehamilan.

Anggota House of Representatives Jeff Leach dari Partai Republik berkata, jajarannya sudah mendengarkan keterangan lebih dari 300 saksi.

Dia menerangkan dari hasil pertemuan, 446 saksi telah menyuarakan dukungannya terhadap undang-undang itu. Sementara 54 orang menolak.

Tony Tinderholt sebagai pengusul undang-undang mengklaim dia tidak membuat peraturan tersebut untuk mengkriminalissi perempuan.

"Saya ingin menyamakan hukum sehingga setiap orang yang bersalah atau berpartisipasi dalam apa yang saya sebut pembunuhan, bisa dihukum," ulas dia.

Terri Collins, anggota House yang termasuk pendukung undang-undang. "Saya berharap, aturan ini bisa berlangsung hingga Mahkamah Agung," papar dia.

Baca juga: Minum Obat Aborsi Pemberian Pacar, Seorang Wanita di Medan Tewas Bersama Janinnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com