Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahendra Siregar Ditunjuk Jadi Dubes RI Ke-19 untuk AS

Kompas.com - 11/04/2019, 11:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar, berkunjung ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Donald Trump, Senin (8/4/2019).

Kedatangan Dubes Mahendra Siregar ke Gedung Putih adalah untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Trump, yang sekaligus akan memulai masa tugasnya sebagai dubes RI untuk AS.

Mahendra Siregar yang datang didampingi istri, Ita Siregar, ditemui Trump di Ruang Oval, ruang kerja presiden AS di Gedung Putih.

Pada kesempatan tersebut Mahendra Siregar menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Trump dan rakyat AS.

Baca juga: Peringati Hubungan Diplomatik AS dan Indonesia di Morotai, Dubes Mengaku Terkesan

Dubes RI juga sempat berbincang dengan Trump membahas kesamaan Indonesia dengan AS yang akan menjadi landasan dalam meningkatkan hubungan kedua negara.

"Indonesia dan AS adalah sama-sama negara demokratis dan majemuk yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, toleransi, dan supremasi hukum."

"Kesamaan ini menjadi salah satu faktor penting yang melandasi hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat," ujar Dubes Mahendra, dalam siaran pers Kedutaan Besar RI Washington.

Dubes Mahendra juga ingin menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus memperkuat hubungan kedua negara, yang tahun ini ditandai dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS.

"Faktor lain yang juga sangat penting dalam hubungan Indonesia dan AS adalah hubungan antarmasyarakat kedua negara yang telah terjalin jauh sebelum hubungan bilateral Indonesia dan AS resmi dimulai."

"Karena itu, salah satu prioritas saya adalah menjadikan hubungan ini sebagai salah satu penggerak utama dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia dengan Amerika Serikat," ujarnya.

Mahendra Siregar merupakan diplomat karir senior yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 Januari 2019 dan menjadi Dubes RI ke-19 untuk AS.

Baca juga: Dubes RI untuk Myanmar Beri Kuliah Umum di UI

Sebelum diangkat sebagai Dubes RI di AS, Mahendra Siregar pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Luar Negeri, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Wakil Menteri Keuangan, dan Wakil Menteri Perdagangan.

Sebagai diplomat karir, Dubes Mahendra pernah bertugas di KBRI London (1992-1995) dan KBRI Washington (1998-2001).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com