Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtuanya Tak Kuat Bayar Listrik, Bocah Ini Kerjakan PR di Tepi Jalan

Kompas.com - 10/04/2019, 14:50 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOCHE, KOMPAS.com - Sebuah kisah menyentuh terjadi di kota Moche, Peru, di mana seorang bocah memanfaatkan penerangan di tepi jalan untuk mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR).

Kisah Victor Martin Angulo Cordoba diketahui petugas kepolisian setempat ketika tengah memeriksa rekaman kamera pengawas pada Maret lalu.

Dilansir Oddity Central Selasa (9/4/2019), polisi melihat bocah itu awalnya duduk di tepi jalan dekat lampu jalan sehingga menimbulkan kecurigaan.

Baca juga: Ayah Ini Siksa Putrinya hingga Tewas karena Tak Kerjakan PR

Polisi kemudian memperbesar tangkapan layar CCTV dan menyadari bocah 12 tahun itu sedang membaca dan menulis sesuatu di buku catatan.

Mengetahui Victor tengah belajar, polisi itu tersentuh dan memutuskan membagikan rekaman CCTV itu melalui akun Facebook mereka dan menjadi viral.

Hingga kini, video itu sudah dilihat lebih dari 5 juta orang. Kisahnya yang menyentuh hati segera menjadi tajuk perbincangan dunia.

Media lokal kemudian melacak di mana Victor tinggal. Setelah menemukannya, mereka berbincang dengan ibunya dan mencari tahu mengapa dia mengerjakan PR di tepi jalan.

Dari hasil perbincangan itu, diketahui bahwa orangtua Victor merupakan keluarga miskin dan tidak mampu untuk membayar tagihan listrik.

Mereka mengandalkan sebatang lilin sebagai penerangan ketika matahari terbenam. Namun, Victor tidak bisa menyelesaikan PR saat hari gelap.

"Suatu hari, Victor berkata 'jika saya terus belajar diterangi lilin, saya bisa gila! Lebih baik saya bekerja di luar'," kata Rosa Angulo Cordoba kepada Panamericana TV.

Kenyataan itu ditambah dengan leher Victor sering kaku karena harus memiringkan kepalanya supaya membiarkan cahaya lilin lewat.

Rosa melanjutkan meski terkendala penerangan dan kesibukan menggembala ternak sepulang sekolah, nilai-nilai Victor dilaporkan bagus.

Setelah kisahnya viral, Wali Kota Moche langsung mengunjungi kediaman keluarga Victor dan memuji siswa kelas enam tersebut.

Dia berjanji akan membayar tagihan listrik dari kantong pribadinya sehingga Victor bisa fokus belajar di dalam rumahnya sendiri.

"Saya ingin berhasil dan mengangkat kehidupan keluarga saya. Saya ingin menjadi polisi dan membantu mengentaskan korupsi," tandas Victor.

Baca juga: Tak Selesaikan PR Tepat Waktu, Bocah 8 Tahun di China Dihajar Sang Ayah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com