Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Kelantan Dikabarkan Bakal Menikah dengan Perempuan Swedia

Kompas.com - 10/04/2019, 06:38 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pangeran Mahkota Kelantan, adik dari mantan raja Malaysia yang mengundurkan diri, dikabarkan akan segera menikah dengan seorang perempuan Swedia.

Pangeran Tengku Muhammad Faiz Petra (45) disebut-sebut bakal menikah dengan seorang perempuan berkewarganegaraan Swedia, Sofie Louise Johansson (33).

Pernikahan Pangeran Faiz dan Sofie ini dijadwalkan bakal digelar pada 19 April mendatang. Demikian disampaikan Istana Kesultanan Kelantan.

Menurut surat kabar Swedia, Expressen, sang pangeran bertemu dengan Sofie di Inggris. Ketika itu adik dari Sultan Muhammad V sedang menempuh pendidikan, sementara Sofie bekerja sebagai seorang asisten.

Baca juga: Mantan Miss Moscow Dipersunting Raja Malaysia

Tengku Muhammad Faiz mempelajari sejarah di London School of Economics and Political Science dan University College London.

Diberitakan Bernama, upacara pernikahan akan digelar secara tertutup dan sederhana.

"Yang Mulia memohon doa dari masyarakat agar pernikahannya dapat berjalan dengan lancar dan mendapat berkah dari Tuhan," kata kepala upacara Istana Kelantan, Tengku Mohamed Faziharudean Tengku Feissal dalam konferensi pers, Sabtu (6/4/2019).

Anggota keluarga Kelantan dan juga teman-teman dekat Tengku Muhammad Faiz dijadwalkan untuk hadir di acara pernikahan.

Acara akan dimulai dengan peresmian pernikahan, kemudian diikuti dengan pasangan kerajaan duduk di kursi mempelai dan pesta dimulai.

"Kemungkinan setelah pernikahan, Yang Mulia akan bergabung dengan para tamu undangan yang hadir untuk memperkenalkan istrinya," lanjut Tengku Mohamed Faziharudean.

Pangeran Faiz juga disebut telah memerintahkan agar setiap hadiah dari tamu undangan untuk disumbangkan ke badan kesejahteraan di Kelantan, seperti panti asuhan, rumah jompo, maupun organisasi nonpemerintah.

Malaysia merupakan salah satu negara penganut sistem monarki terbesar di dunia, dengan seorang raja yang disebut Yang Dipertuan Agung, sebagai pembimbing spiritual, kepercayaan, dan budaya.

Baca juga: Sultan Pahang Resmi Dilantik sebagai Raja Malaysia

Pernikahan keluarga kerajaan Malaysia kerap menarik perhatian media. Banyak dari keluarga kerajaan yang kemudian menikah dengan orang asing.

Yang terbaru adalah Puteri Tunku Tun Aminah Maimunah Iskandariah, putri satu-satunya Sultan Johor, yang menikah dengan pria Belanda, Dennis Muhammad Abdullah.

Mantan raja Malaysia, Sultan Muhammad V juga kakak dari Pangeran Faiz, juga dikabarkan menikah dengan ratu kecantikan asal Rusia, Oksana Voevodina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com