Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Sepakati Pengadaan 464 Unit Tank T-90MS Buatan Rusia

Kompas.com - 10/04/2019, 06:07 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemerintah India telah menyetujui pengalokasian dana untuk pengadaan hampir 500 unit tank tempur utama yang akan memperkuat Angkatan Darat.

Kabar pengadaan tersebut muncul di tengah ketegangan yang meningkat antara New Delhi dengan Islamabad, Pakistan.

Komite Kabinet Keamanan India (CCS) menyampaikan pada Senin (8/4/2019), telah menyetujui anggaran sebesar 134,48 miliar rupe atau sekitar Rp 27,4 triliun untuk pengadaan 464 unit tank tempur utara T-90MS. Demikian menurut majalah mingguan pertahanan, Jane.

"Dalam beberapa bulan ke depan, Kementerian Pertahanan India bersama Rusia akan menandatangani kontrak yang relevan," kata sumber majalah itu.

Baca juga: Tank Super Rusia Ini Kini Dilengkapi dengan Fasilitas Toilet

Tank tempur utama, T-90MS merupakan pengembangan dari tank T-90 klasik yang diproduksi perusahaan senjata Rusia, Uralvagonzavod.

Untuk tipe MS disebut bakal mengalami peningkatan dalam perlindungan kru, peningkatan mobilitas, serta menambahkan sistem elektronik.

Perbedaan paling menonjol dari T-90MS dengan seri standar adalah pada bagian laras rudal yang lebih panjang, perlindungan yang lebih baik, serta tambahan tangki penyimpanan.

Sementara dari pihak Rusia, menyatakan siap membantu India dalam memenuhi kebutuhan unit tank yang diinginkan. Rusia disebut siap untuk memperpanjang lisensi perakitan T-90 dan meningkatkan produksinya. Demikian disampaikan juru bicara pemerintah urusan perdagangan senjata kepada Interfax.

Tank T-90 bukan hal baru dalam militer India, yang disebut sebagai operator asing terbesar untuk tank tersebut dengan sekitar 1.650 tank telah beroperasi sejak awal 2000.

Sebagian besar tank T-90 milik India dirakit sendiri oleh Pabrik Kendaraan Berat India (HVF) yang bekerja di bawah lisensi perusahaan Rusia.

India telah lama mengandalkan persenjataan buatan Rusia, sejak era Uni Soviet, untuk memperkuat militernya, baik senjata sederhana, hingga pesawat, kapal perang, maupun jet tempur.

Tahun lalu, pemerintah India juga telah menyetujui kontrak senilai 5,43 miliar dollar AS atau sekitar Rp 76,7 triliun untuk pembelian lima perangkat pertahanan udara termutakhir Rusia, S-400.

Dilansir Russian Times, pemerintah India membutuhkan tank tambahan yang nantinya bakal ditempatkan di Punjab dan Rajasthan, dua negara bagian yang berbatasan dengan Pakistan.

Baca juga: Taiwan Ingin Beli Tank dan Jet Tempur, AS Siap Membantu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com