Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pesawat Kamikaze Lakukan Perjalanan Pertama dari Jepang Ke Eropa

Kompas.com - 09/04/2019, 19:44 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesawat terbang mulai dikenal dunia sejak 1930-an. Ketika itu berbagai negara mulai memproduksi pesawat terbaiknya, untuk kepentingan sipil maupun militer.

Era itu ditandai dengan misi penjelajahan. Pameran pesawat, hingga aksi penerbangan jarak jauh banyak dilakukan untuk memamerkan teknologi aviasi.

Jepang juga ambil bagian dalam misi kali ini. Mereka tak mencari pengakuan, namun memaksimalkan jangkauan pesawatnya lebih jauh untuk menghubungkan pulau-pulau di Jepang hingga lintas benua ke Eropa.

Kemampuan penerbangan jarak jauh juga memiliki implikasi untuk pengembangan pesawat militer yang mumpuni. Jepang akhirnya membuat pesawat Kamikaze yang didesain mampu terbang jauh.

Pesawat itu akhirnya berhasil sampai di lapangan udara Croydon di London, Inggris pada 9 April 1937 setelah tiga hari terbang melewati beberapa negara. Kedatangan pesawat ini sekaligus untuk merayakan penobatan Raja Inggris Raya George VI.

Keberhasilan ini, mencatatkan Kamikaze sebagai pesawat buatan Jepang pertama yang berhasil mendarat di Eropa.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pesawat Amfibi Pertama Sukses Lepas Landas dan Mendarat di Air

Mendapatkan sponsor

Inggris dan Jepang adalah sekutu selama Perang Dunia I. Bahkan, perusahaan galangan kapal Inggris telah membangun sebagian besar armada di Tokyo. Kerja sama keduanya masih terjadi sampai 1930-an.

Ketika misi penerbangan udara ke London, pihak Inggris mempersilakan niat baik tersebut. Sebagai sponsor, misi kali ini mendapatkan dukungan dari surat kabar Asahi Shimbun.

Dalam misi itu, mereka menggunakan pesawat Mitsubishi Ki-15 yang lebih dikenal dengan Kamikaze-Go. Pesawat ini dibangun oleh perusahaan Mitsubishi yang merupakan pesawat pengintai berkecepatan tinggi dua kursi.

Dengan mesin radial Nakajima Ha-8 tunggal, mampu terbang hingga kecepatan hingga 481 km/jam dan mampu terbang hingga 4.000 meter.

Pesawat Kamikazelondonist Pesawat Kamikaze

Kamikaze lepas landas dari Lapangan Udara Tachikawa pada 6 April 1937 pukul 14.12 waktu setempat. Antusiasme penonton dan tepuk tangan yang meriah mengawali penerbangan bersejarah ini.

Pada misi itu, Kamikaze dikendarai dua orang pilot, Masaaki Iinuma dan navigator Kenji Tsukagoshi.

Pesawat terbang dari Tokyo melalui Taipei ke Hanoi dan Vientiane. Pesawat itu kemudian berlanjut menuju Calcutta dan Karachi di India, Basra dan Baghdad di Irak dan terakhir melewati Roma hingga turun di London.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Pertama Nonstop Keliling Dunia

Mendarat dengan selamat

Kerumuman penduduk sekitar London ketika Kamikaze mendaratReddit Kerumuman penduduk sekitar London ketika Kamikaze mendarat

Setelah perjalanan hingga tiga hari, akhirnya kedua pilot Kamikaze itu mendarat di Lapangan Udara Croydon London dengan selamat pada pukul 15.00 waktu setempat.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com