Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Erdogan, Putin Minta Turki-Rusia Perkuat Hubungan Militer

Kompas.com - 08/04/2019, 22:22 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas berbagai isu mulai dari perdagangan hingga keamanan.

Dalam pertemuan di Moskwa itu, Putin menyatakan kedua negara kini menghadapi tugas tidak mudah untuk memperkuat hubungan di bidang militer.

Baca juga: Partainya Kalah di Pemilu Istanbul, Erdogan Tuduh Adanya Organisasi Kriminal

"Pertama-tama, kami akan membahas penyelesaian kontrak penjualan sistem rudal S-400 kepada Turki," kata Putin dikutip Bloomberg Senin (8/4/2019).

Putin melanjutkan selepas penjualan S-400 rampung, dia bakal membahas berbagai "proyek menjanjikan" tentang kerja sama militer dua negara.

Turki begitu kukuh mempertahankan pembelian sistem rudal dengan kode NATO SA-21 Growler itu, dan membuat Amerika Serikat (AS) meradang.

Kegigihan Ankara membuat AS memutuskan menunda pengiriman jet tempur F-35, dan mengancam bakal mengeluarkan Turki dari proyek pengembangan jet tempur generasi kelima itu.

Pekan lalu, Wakil Presiden Mike Pence mengatakan Turki harus memilih apakah memihak NATO atau membuat "keputusan bodoh" dengan meneruskan S-400.

Selain penjualan persenjataan, pertemuan di Kremlin itu juga mendiskusikan situasi konflik di Suriah, dan mengoordinasikan langkah yang mereka lakukan.

"Langkah yang telah dan bakal kami ambil di Suriah sangatlah penting. Kedua negara begitu berupaya untuk mengembalikan kedamaian," ujar Erdogan.

Setelah itu, Putin juga menyatakan dia dan Erdogan bakal membahas penyelesaian pipa yang bakal membawa gas dari Rusia ke Turki.

Ini merupakan pertemuan bilateral keduanya sepanjang 2018 ini, dengan Erdogan mengatakan relasi dengan Negeri "Beruang Merah" terus meningkat.

"Kerja sama kami dengan Rusia terus menunjukkan peningkatan dan semakin kuat dari hari ke hari," puji Erdogan dilansir Anadolu.

Baca juga: Saat Putin Dibuat Malu oleh Seekor Kuda...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com