Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Foto Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Berpose Dua Jari

Kompas.com - 08/04/2019, 11:28 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Foto Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang tengah berpose dua jari beredar di media sosial. Adapun, foto itu disertai narasi bahwa Erdogan mendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dilansir dari AFP, foto itu beredar di media sosial Facebook sejak Kamis (28/3/2019). Foto tersebut diunggah oleh salah satu pengguna Facebook yang telah dibagikan ribuan kali oleh pengguna lain.

Namunsetelah ditelusuri, diketahui bahwa foto tersebut merupakan rekayasa.

Narasi yang beredar:

Foto Presiden Erdogan menunjukkan pose dua jari itu berlatar hitam-putih dan dibubuhkan tanda tangan Erdogan. Dalam foto juga terlihat cap Garuda "Adil Makmur Bersama Prabowo Sandi".

Erdogan juga tampak mengenakan kaus dengan nomor 02 yang tercetak di dekat kerah baju.

Foto Erdogan itu awalnya beredar di Facebook. Diketahui, unggahan ini telah dibagikan sebanyak 9.400 kali oleh pengguna Facebook lainnya dan telah mendapat respons sebanyak lebih dari 2.000 kali.

Namun, setelah ditelusuri, unggahan tersebut telah dihapus oleh pemilik akun.

Penelusuran Kompas.com:

Berdasarkan laporan pada 17 Januari 2019, Bisnis.com menyampaikan bahwa pose dua jari Erdogan itu merupakan foto editan yang telah diolah.

Mereka mencari sumber gambar dengan pencarian "reverse image". Hasilnya, foto serupa terdapat di salah satu post Instagram milik Teuku Riefky Harsya pada 2 Februari 2019.

Dalam unggahan itu, tampak foto Sandiaga Uno mengenakan kaus dengan logo 02 di dekat kerah baju. Ia duduk di kabin pesawat bersama Teuku Riefky Harsya yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sandiaga dan Teuku Riefky saat itu tengah berpose dua jari. Pose Sandiaga dan baju yang dikenakan terlihat serupa. Hanya wajahnya saja yang beda, yang terlihat merupakan hasil manipulasi.

Berikut perbandingan foto asli, Sandiaga dengan Teuku Riefky dan juga foto manipulasi yang menampilkan Erdogan tengah berpose dua jari.

Perbandingan foto asli Sandiaga dan Teuku Riefky di kabin pesawat dan juga foto manipulasi Erdogan tengah berpose dua jari.Instagram: Teuku Riefky Perbandingan foto asli Sandiaga dan Teuku Riefky di kabin pesawat dan juga foto manipulasi Erdogan tengah berpose dua jari.

Tak hanya itu, di sudut kanan bawah foto Erdogan terdapat logo aplikasi edit foto, PhotoGrid yang mudah didapatkan di ponsel Anda.

Penelusuran lebih lanjut mengenai wajah Erdogan dalam foto, ternyata si pembuat foto palsu menyadur wajah Erdogan dari salah satu artikel yang diterbitkan di majalah Forbes.

Wajah Erdogan dipangkas, diputar, dan dibuat hitam-putih, seperti yang dapat dilihat di bawah ini untuk membandingkan tangkapan layar dari foto palsu dengan foto asli dari artikel Forbes.

Foto editan Erdogan tengah berpose dua jari (kiri), dan juga foto Erdogan dalam salah satu artikel di majalah Forbes (kanan)AFP Foto editan Erdogan tengah berpose dua jari (kiri), dan juga foto Erdogan dalam salah satu artikel di majalah Forbes (kanan)

Namun, editan tersebut tidak sepenuhnya diedit dengan rapi. Beberapa jumbai rambut Sandiaga masih bisa terlihat menyembul di belakang kepada Erdogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com