Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Gantung Modern Pertama Dunia Dibangun di Menai, Wales...

Kompas.com - 05/04/2019, 13:19 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jembatan gantung memiliki ciri utama tumpuan kabel, biasanya baja, yang membentang di sisi samping untuk menopang beban jembatan.

Ide pembangunan jembatan gantung sudah ada sejak zaman dulu. Namun, ada kisah unik pada era 1800-an, saat insinyur bernama Thomas Telford mengusulkan membangun jembatan gantung di atas air.

Rencana ini dianggap mustahil, karena prinsip jembatan gantung tak dibarengi oleh teknologi hebat pada masa itu.

Pada awal abad ke-19, seorang insinyur Amerika Serikat bernama James Finley mematenkan desain jembatan gantung yang menggunakan kabel atau rantai logam untuk menahan beban.

Desain dari Finley dianggap tepat, namun tak sesuai dengan tantangan yang dihadapi untuk menghubungkan Selat Menai di Wales yang terkenal berbahaya.

Tantangan besar

Selama berabad-abad, perjalanan darat menuju Pulau Angseley di Wales seringkali berbahaya. Adanya ancaman dan gangguan dari penjahat kerap muncul di jalan-jalan ini.

Dilansir dari menaibridges.co.uk, jalur air melintasi Selat Menai juga harus dihadapkan pada arus yang deras, sehingga sering banyak kapal terbalik atau kandas. Akibatnya, banyak korban berjatuhan.

Pada 1800-an, Irlandia bergabung dengan Inggris. Kondisi ini berdampak bagi jumlah orang yang ingin menyeberang. Lalu lintas di selat meningkat ketika politisi pulang-pergi dari Irlandia ke parlemen di London.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Diresmikan

Ilustrasi Jembatan Menai pada 1830Britannica Ilustrasi Jembatan Menai pada 1830

Karena keinginan begitu kuat untuk memerangi kondisi sulit, akhirnya Telford mecoba membuat rancangan Jembatan Menai, dan diberikan kepada otoritas setempat. 

Kemudian muncul tragedi pada 1785, sebuah kapal terbalik ketika melintasi selat tersebut. Kapal itu membawa sekitar 55 orang.

Kecelakaan itu membuat masyarakat berharap ada jembatan yang menghubungkan kedua wilayah yang terpisah selat dengan lebih aman.

Proyek ambisius

Thomas TelfordHistory Thomas Telford

Seorang insinyur Skotlandia bernama Thomas Telford mempunyai rencana untuk membangun Jembatan Menai di atas jalur tersebut.

Sebelumnya Telford telah membangun jalan, jembatan, kanal, dan saluran air di Inggris Raya. Dia juga telah memelopori penggunaan besi dalam konstruksi jembatan.

Pada 1818, Telford mengusulkan untuk membangun jembatan di Selat Menai. Dengan demikian, wilayah itu dapat dilintasi dengan aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com