Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Akademi Militer Rusia, Empat Prajurit Terluka

Kompas.com - 02/04/2019, 22:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SAINT PETERSBURG, KOMPAS.com - Para prajurit di akademi militer di Saint Petersburg, Rusia, dikejutkan oleh sebuah ledakan, Selasa (2/4/2019). Empat orang dilaporkan terluka akibat insiden itu.

Menurut keterangan dari Kementerian Pertahanan Rusia, insiden ledakan dari alat peledak yang dikenal itu terjadi sekitar pukul 13.30 siang waktu setempat.

Jumlah korban luka yang awalnya dilaporkan tiga orang, telah diperbarui menjadi empat prajurit yang cedera. Demikian disampaikan Komite Investigasi Rusia, dikutip AFP.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, empat prajurit mengalami cedera. Namun tidak sampai mengancam nyawa," pernyataan komite.

Baca juga: Rusia Optimis Ciptakan Mesin Cuci Khusus untuk Astronot di ISS

"Ledakan berasal dari alat peledak tidak dikenal, sekitar pukul 13.30 siap di Saint Petersburg di gedung administrasi di Akademi Mozhaisky," kata kementerian pertahanan dalam pernyataan yang dikutip kantor berita.

Media menggambarkan perangkat yang meledak tidak dilengkapi penutup, sehingga dipastikan bukan perangkat militer seperti mortir.

"Para korban luka selamat. Tiga orang cedera dan satu orang luka ringan," kata penjabat gubernur Saint Petersburg, Alexander Belov, kepada media.

Komite Investigasi membuka kasus kriminal atas insiden ledakan itu dan mengatakan sedang bekerja untuk mengetahui asal usul objek sumber ledakan.

Petugas kepolisian telah menutup lokasi insiden dan para kadet serta staf akademi dievakuasi menuju tempat yang lebih aman.

Kantor berita TASS melaporkan, jaksa penuntut militer tengah memeriksa lokasi insiden.

Seorang pejabat layanan darurat, mengatakan kepada RIA Novosti bahwa ledakan terdengar dari ruang kelas di lantai satu dan menyebabkan tangga runtuh sehingga menjebak 20 orang.

Situs berita independen lokal, Fontanka, dalam laporannya menyebut, petugas spesialis penjinak ranjau juga didatangkan ke lokasi ledakan.

Akademi MIliter Mozhaisky merupakan salah satu akademi militer terbesar di Rusia dan diawasi langsung oleh Kementerian Pertahanan.

Akademi itu melatih para perwira untuk pertahanan udara dan luar angkasa serta cabang-cabang lain dari angkatan bersenjata Rusia.

Baca juga: Rusia Selidiki Pembunuhan Polisi yang Dipesan Lewat Dark Net

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com