Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Tembak Satelit Pakai Rudal, Serpihannya Ancam Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kompas.com - 02/04/2019, 16:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Aksi India yang menembak sebuah satelit menggunakan rudal telah menghasilkan sampah luar angkasa yang membahayakan misi Satelit Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pemimpin Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS atau NASA, Jim Bridenstine, mengatakan, aksi penghancuran satelit oleh India itu telah menghasilkan sekitar 400 keping puing orbital.

Kepingan sampah luar angkasa itu disebut telah meningkatkan risiko bahaya yang dihadapi para astronot di ISS.

Menurut Bridenstine, sebagian puing akibat ledakan satelit yang ditembak rudal India pada Rabu (27/3/2019) lalu telah dapat dilacak oleh NASA.

Baca juga: Bikin Sampah Angkasa, Aksi India Tembak Satelit Pakai Misil Dikritik

"Namun tidak semua bagian puing satelit cukup besar untuk dilacak. Apa yang kami lacak sekarang hanya puing yang cukup besar, sekitar 10 sentimeter atau lebih."

"Sekitar 60 kepingan puing satelit itu kini telah dapat dilacak," kata Bridenstine, di hadapan para pegawai NASA, pada Senin (1/4/2019).

Disampaikan Bridenstine, satelit yang dihancurkan rudal India berada pada ketinggian yang relatif lebih dekat dengan bumi dibandingkan ISS maupun sebagian besar satelit yang mengorbit di luar bumi.

"Tapi ada sekitar 24 keping yang ada di atas puncak ISS," kata Bridenstine, dikutip AFP.

"Itu adalah hal yang mengerikan. Adalah hal yang mengerikan menciptakan sebuah peristiwa yang membuat puing-puing hingga melampaui puncak Stasiun Luar Angkasa Internasional," lanjutnya.

"Tindakan semacam ini tidak kompatibel dengan masa depan penerbangan luar angkasa umat manusia."

"Hal ini tidak bisa diterima dan NASA harus sangat jelas tentang dampaknya bagi kita," kata Bridenstine.

Dilansir AFP, militer AS telah melacak objek-objek di luar angkasa untuk memprediksi risiko terjadinya tabrakan dengan ISS maupun satelit lainnya yang mengorbit bumi.

Saat ini disebut sudah mencapai 23.000 objek yang lebih besar dari 10 sentimeter di luar angkasa yang telah dilacak. Jumlah itu termasuk 10.000 puiing yang 3.000 di antaranya tercipta dalam uji anti-satelit China pada 2007 lalu, yang membidik satelit di ketinggian 853 kilometer.

Baca juga: Uji Coba Rudal, India Tembak Jatuh Satelit di Angkasa

"Sebagai hasil dari tes rudal India, risiko terjadinya tabrakan antara puing dengan ISS telah meningkat hingga 44 persen selama 10 hari," kata Bridenstine.

"Tetapi risiko itu akan berangsur menurun dan banyak puing yang akan hilang terbakar saat memasuki atmosfer bumi," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com