Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek 61 Tahun Ini Melahirkan Bayi yang Merupakan Cucunya Sendiri

Kompas.com - 01/04/2019, 15:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

OMAHA, KOMPAS.com - Seorang perempuan di Nebraska, Amerika Serikat (AS), mengambil langkah tak biasa untuk membahagiakan putra beserta menantu laki-lakinya.

Ketika Matthew Eledge dan suaminya Elliot Dougherty berkata mereka ingin punya anak, Cecile menawarkan diri untuk mengandung dan melahirkan sang cucu.

Baca juga: Sebelum Berangkat ke Lokasi Debat Keempat, Jokowi Gendong Cucu

Padahal seperti dilaporkan The Independent Senin (1/4/2019), usia Cecile tidak muda lagi sebagai ibu pengganti. Yakni 61 tahun.

"Namun saya tidak ragu-ragu dan mantap untuk melakukannya. Insting saya sendiri yang berkata demikian," ucap Cecile kepada KETV-News.

Persiapan Cecile menjadi ibu pengganti pun dimulai dengan pemeriksan dilaksanakan oleh dokter dari Rumah Sakit Universitas Omaha di Nebraska.

Setelah dokter memberi lampu hijau, janin pun diciptakan menggunakan teknik fertilisasi in vitro (IVF) dengan sperma Matthew dan sel telur sang kakak, Lea Yribe.

Pekan lalu, lebih cepat dari hari perkiraan lahir, Cecile melahirkan bayi dengan berat 2,3 kilogram, dan diberi nama Uma Louise.

Matthew mengungkapkan, dia dan Dougherty sangat bersyukur karena baik Uma maupun sang nenek berada dalam kondisi sehat dan senang.

"Terdapat cara kreatif, spesial, dan unik untuk membangun sebuah keluarga. Terutama jika Anda adalah pasangan gay," papar Matthew.

Dia mengaku kagum kepada sang ibu yang selama sembilan bulan mengandung anak mereka. Apalagi dengan kekhawatiran tekanan darah dan morning sickness.

"Saya tidak bisa mendeskripsikan. Ibu luar biasa. Saya sangat hormat dan bersyukur bahkan ketika saya dewasa, dia masih terus memikirkan saya," paparnya dilansir Daily Mail.

Foto tersebut dipublikasikan oleh fotografer Ariel Panowicz di akun Instagramnya, dan menuturkan Uma Louise dikelilingi oleh cinta baik dari nenek maupun ayahnya.

"Menjadi bagian dari momen bersejarah ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Cele, Anda adalah seorang pejuang," ujar Panowicz kembali.

Baca juga: Nenek Usia 79 Tahun Tewas Tertabrak Kereta demi Selamatkan Sang Cucu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com