Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Jokowi soal Masalah Rohingya, Begini Jawaban Prabowo

Kompas.com - 30/03/2019, 22:49 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi) memberikan pertanyaan kepada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Dalam debat yang berlangsung di Hotel Shangri-La pada Sabtu (30/3/2019), Jokowi menanyakan apa pandangan Prabowo soal konflik yang berlangsung di Rakhine, Myanmar.

Baca juga: Bangladesh Gagalkan Penyelundupan Warga Rohingya ke Malaysia

Prabowo kemudian menjelaskan, Indonesia sangat prihatin dengan kondisi yang menimpa etnis minoritas Rohingya, dengan PBB dia sebut telah menegur berkali-kali.

Calon presiden berusia 67 tahun itu menjelaskan, Indonesia wajib menghormati kedulatan dan urusan dalam negeri masing-masing negara.

"Tentunya kalau PBB sudah menilai ada kemungkinan genosida atau pembersihan etnis, saya kira ini masalah yang sangat mengusik," tegasnya.

Prabowo mengatakan dalam mengatasi isu di Rakhine, Indonesia harus menghentikan adanya pelanggaran HAM yang luar biasa sembari mempertahankan relasi baik dengan Naypyidaw.

Namun, Prabowo menyatakan bobot Indonesia di mata dunia internasional dinilai bagaimana cara negara dalam mengurus rakyatnya.

"Kalau kita tidak mempunyai kekuatan, kita hanya bisa memberi saran dan peringatan," tukas capres yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sebanyak 740.000 etnis minoritas Rohingya melarikan diri dari Myanmar sejak konflik dengan militer terjadi di sana pada Agustus 2017.

Mereka semua ditampung di kamp pengungsi Kutupalong di kawasan Cox's Bazaar, Bangladesh, yang menjadi kamp pengungsi terbesar dunia.

Baca juga: Bangladesh Akan Mulai Relokasi Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil Bulan Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com