Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Sedot Lemak Gagal, Ratu Kecantikan di Nigeria Tewas

Kompas.com - 29/03/2019, 21:26 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Yen

LAGOS, KOMPAS.com - Operasi plastik secara bertahap menjadi tren di Nigeria, terutama di kota terbesar negara itu, Lagos.

Meski ada ahli bedah profesional yang terlatih untuk operasi berisiko tinggi itu, ada juga dokter abal-abal yang bersaing di pasar kecantikan tersebut.

Diwartakan Yen, Kamis (28/3/2019), seorang ahli bedah di Lagos yang diidentifikasi bernama Anu, kini menjadi buron setelah melakukan operasi plastik yang menewaskan pasiennya.

Baca juga: Dituduh Korupsi, Mantan Kepala Dinas Intelijen Nigeria Diburu

Pasalnya, mantan ratu kecantikan Onwuzuligbo Nneka Miriam tewas setelah menjalani prosedur pembesaran bokong, sedot lemak, dan pemindahan lemak. Dia menderita sejumlah komplikasi akibat operasi tersebut.

Sementara Anu yang biasanya mempekerjakan dokter asing untuk membantunya dalam operasi, kala itu melakukan prosedur tersebut sendirian karena ingin mencoba apa yang dia lihat sebelumnya.

Seorang sumber menyatakan, saudara korban telah menunggu lama jalannya operasi tersebut, bahkan sampai ditinggal pergi ke bioskop.

Penasaran karena operasi tak kunjung selesai, dia mendatangi kembali ruang operasi dan melihat adiknya sekarat di meja operasi.

Anu yang berada di sampingnya tidak tahu harus berbuat apa. Miriam mengalami koma karena komplikasi dari operasi.

Perempuan itu kemudian dibawa ke RS Beda di Lekki dan diberi alat pendukung hidup. Kemudian, dia dipindahkan Lagos University Teaching Hospital.

Di sana, Miriam menghembuskan napas terakhirnya ada 3 Februari lalu.

Laporan medis menyebutkan, lemak telah memasuki paru-parunya sehingga menyebabkan kematian.

Baca juga: Kisah Tani, Tunawisma Cilik asal Nigeria Juara Turnamen Catur New York

Beberapa laporan juga menyebutkan, Anu bukan ahli bedah bersertifikat. Namun, dia mendapat popularitas dari para kliennya di Lagos.

Sebelumnya, dia juga pernah melakukan operasi terhadap dua perempuan lain tapi gagal. Operasi mereka harus diperbaiki di rumah sakit lain.

Hingga kini, Anu belum diketahui keberadaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com