Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Korban Bencana, Nenek Ini Dapat Rumah dari Miliarder Zimbabwe

Kompas.com - 29/03/2019, 13:47 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber CNN

HARARE, KOMPAS.com - Aksi seorang perempuan tua berusia 71 tahun yang berjalan berkilo-kilo meter membawa pakaian dan barang-barang lain untuk korban topan Idai menarik perhatian orang terkaya di Zimbabwe.

Plaxedes Dilon, nama perempuan tua itu, mendapat banyak pujian setelah sambil berjalan kaki membawa bantuan ke gereja Highland Presbyterian di Harare.

Di tempat itulah para relawan berkumpul untuk mengendalikan upaya penanggulangan bencana dan bantuan untuk ribuan korban topan Idai yang menghantam belum lama ini.

Baca juga: Ratusan Ribu Orang di Mozambik dan Zimbabwe Menunggu Diselamatkan

Gereja itu mengunggah foto Dilon dengan satu karung besar berisi barang bantuan untuk korban bencana di kepalanya.

Aksi Dilon itu ternyata menyentuh hati orang terkaya di Zimbabwe Strive Masiyiwa yang berjanji akan membangun rumah untuk perempuan tua itu di mana pun dia inginkan.

Masiyiwa juga berjanji akan memberikan uang 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta sebulan untuk Dilon.

"Apa yang dia lakukan adalah sebuah tindakan paling mulia yang pernah saya saksikan," kata Masiyiwa lewat akun Fcebooknya.

"Saat semua ini sudah berakhir, saya akan mencarinya lalu mengundangnya untuk bertemu saya, jika memungkinkan," tambah Masiyiwa.

"Lalu saya akan berdoa bersama dia! Dan, saya akan membangunkan rumah untuknya di mana pun dia mau di Zimbabwe! Rumah itu akan memiliki listrik tenaga matahari dan air bersih," tambah dia.

Dilon memberikan pakaian yang sebenarnya merupakan barang dagangannya sehari-hari setelah dia mendengar kabar banyak orang menjadi korban bencana.

"Saya langsung membungkus pakaian dan jaket yang saya beli untuk dijual kembali. Saya kemudian membawa pakaian itu di pagi berikutnya," kata Dilon kepada ZimLive.

Masiyiwa, yang perusahaannya memimpin upaya penanggulangan bencana di wilayah timur dan selatan Zimbabwe, mengatakan, tindakan yang dilakukan Dilon sungguh menyentuh hatinya.

Baca juga: Ratusan Tewas, Mozambik dan Zimbabwe Luluh Lantak Diterjang Topan Idai

"Saya mengagumi orang-orang yang langsung beraksi di saat krisis. Tuhan memberkatimu jika kaluan langsung bergerak seperti yang dia lakukan. Ini bukan tentang seberapa banyak yang kita punya," kata Masiyiwa.

Bantuan dari berbagai negara dan organisasi kemanusiaan di seluruh dunia kini sudah mengalir untuk korban topan Idai di Zimbabwe, Malawi, dan Mozambique.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com