Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Kembali Ancam Bakal Menutup Perbatasan Meksiko

Kompas.com - 28/03/2019, 19:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menuduh pemerintah Meksiko tidak melakukan upaya apa pun untuk memperlambat aliran imigran ilegal yang masuk ke Amerika Serikat.

Trump pun kembali mengancam bakal menutup perbatasan AS dengan Meksiko, seperti dituliskan presiden berusia 72 tahun itu dalam twitnya, Kamis (28/3/2019).

"Meksiko tidak melakukan apa pun yang membantu menghentikan aliran imigran ilegal ke negara kita. Mereka semua berbicara tetapi tidak ada tindakan," tulis Trump.

"Begitu juga dengan Honduras, Guatemala, dan El Salvador, yang telah menerima uang kami selama bertahun-tahun dan tidak melakukan apa pun."

Baca juga: Trump Ancam Tutup Perbatasan Meksiko jika Tak Bisa Bangun Tembok

"Para Demokrat tidak peduli, sungguh anggota parlemen yang buruk. Tutup perbatasan selatan!" lanjut Trump.

Ini bukan kali pertama Trump membuat ancaman untuk menutup perbatasan selatan AS dengan Meksiko.

Pada Desember tahun lalu, saat awal-awal penutupan pemerintah federal atau shutdown, yang terpanjang dalam sejarah Amerika, Trump sempat menyatakan bakal menutup perbatasan jika Kongres tidak menyetujui anggaran untuk pembangunan tembok.

Anggota parlemen menolak dan Trump menyatakan darurat nasional sebagai ganti untuk memangkas proses di Kongres dan membuka penganggaran untuk memenuhi janji kampanyenya 2016 lalu untuk membangun tembok perbatasan.

Langkah pengumuman darurat nasional oleh Trump menuai kecaman baik dari Demokrat maupun partai Republik, yang memperingatkan bahwa hal itu merupakan penyalahgunaan kekuasaan presiden dan dapat menimbulkan preseden buruk.

Sebelumnya diberitakan, Departemen Pertahanan AS telah sepakat untuk mengucurkan dana sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun untuk pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Baca juga: Pentagon Sepakat Kucurkan Dana Rp 14 Triliun untuk Bangun Tembok Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com