Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rusia di Venezuela Tidak Mengancam Siapa Pun"

Kompas.com - 28/03/2019, 18:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

CARACAS, KOMPAS.com - Kehadiran Rusia di Venezuela disebut tidak menghadirkan ancaman bagi siapa pun, Kementerian Luar Negeri Rusia membela pengiriman personil militernya ke negara itu.

Kedatangan sekitar 100 personil militer Rusia di Venezuela akhir pekan lalu telah memicu kecaman internasional, salah satunya Presiden AS Donald Trump yang menyerukan agar Rusia segera angkat kaki dari negara yang tengah dalam konflik politik itu.

"Rusia tidak mengubah keseimbangan kekuasaan di kawasan itu. Rusia tidak mengancam siapa pun seperti warga negara di Washington yang sebelumnya saya sebutkan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova kepada wartawn, Kamis (28/3/2019).

Baca juga: Trump: Rusia Harus Keluar dari Venezuela!

Zakharova merujuk pada Trump yang komentarnya pada Rabu (27/3/2019), mendesak agar Rusia segera keluar dari Venezuela dan melepaskan dukungannya terhadap Presiden Nicolas Maduro.

Kritikan juga sempat disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang mengatakan bahwa Washington tidak berencana untuk bernegosiasi dengan Maduro dan ingin mengakhiri pengaruh Moskwa dan Havana di Caracas.

"Tidak ada satu pun dari Rusia maupun Venezuela yang merupakan bagian dari Amerika Serikat," kata Zakharova, dikutip AFP.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh Washington telah berupaya untuk mengorganisir kudeta di negara penghasil minyak bumi itu, sementara Pompeo memperingatkan bahwa AS tidak akan tinggal diam jika Rusia memperburuk situasi di negara itu.

Sebelumnya pada Kamis, Atase Militer Venezuela di Moskwa, Jose Rafael Torrealba Perez mengatakan bahwa pasukan Rusia berada di Venezuela berdasar perjanjian kerja sama militer dan teknis, serta tidak untuk melakukan operasi militer.

"Mengenai kehadiran spesialis Rusia (di Venezuela), kita bicara tentang kerja sama militer dan teknis," kata Torrealba Perez, dikutip kantor berita RIA Novosti.

"Kami sama sekali tidak berbicara tentang kehadiran militer Rusia untuk operasi militer," tambahnya.

Baca juga: Pejabat AS: Militer Rusia di Venezuela Termasuk Personel Keamanan Siber

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com