Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Disebut Patok Biaya hingga Rp 2 Miliar untuk "Meet and Greet"

Kompas.com - 28/03/2019, 13:30 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump direncanakan bakal melanjutkan kunjungan ke Negara Bagian California pekan depan.

Kunjungan itu dilaporkan bakal dimanfaatkan untuk meraup dana kampanye jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2020 dengan mematok biaya meet and greet.

Baca juga: Trump: Rusia Harus Keluar dari Venezuela!

Terdapat undangan yang diperoleh media lokal City News Service yang berlokasi di Los Angeles, dikutip The Independent Rabu (27/3/2019).

Dalam undangan itu, tertulis tiket dipatok 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 213,5 juta. Harga itu dikabarkan sudah termasuk makan malam.

Bagi para pendukung yang berniat berfoto bersama presiden berusia 72 tahun itu, tiket yang ditawarkan berharga 50.000 dollar AS atau Rp 711,9 juta.

Sementara untuk pendukung yang berniat berbicara secara langsung dengan Trump di acara diskusi, harga per tiket 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Tidak dijelaskan berapa tiket yang sudah terjual, berapa orang yang berpartisipasi dalam acara diskusi, hingga di mana kunjungan itu dilaksanakan.

Kunjungan kenegaraan Presiden AS biasanya tidak akan diumumkan sebelum orang nomor satu di negeri "Uncle Sam" itu tiba di tempat tujuan.

Trump sering mengadakan kampanye selama dia menjabat di Gedung Putih di mana dia bertemu para pemilihnya dan mengutarakan isu seperti keamanan perbatasan.

Elektabilitas terbaru menunjukkan Trump di bawah 42 persen di seluruh AS. Sementara di California elektabilitas presiden ke-45 itu di bawah 40 persen.

Berdasarkan survei yang dilakukan Institut Kebijakan Publik California Januari lalu, tingkat penerimaan publik California terhadap Trump di kisaran 30 persen.

Baca juga: Trump: Media adalah Musuh Rakyat dan Partai Oposisi Sesungguhnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com