Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat British Airways Salah Mendarat 800 Kilometer dari Kota Tujuan

Kompas.com - 25/03/2019, 23:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah pesawat yang berangkat dari Bandara Internasional London, Inggris, salah rute yang menyebabkannya mendarat sejauh 800 kilometer dari kota tujuan.

Pesawat British Airways BA3271 yang terbang pada Senin (25/3/2019) dari London dengan tujuan Dusseldorf, Jerman, itu justru mendarat di Edinburgh, Skotlandia.

Para penumpang bahkan baru mengetahui kesalahan tersebut saat pilot mengumumkan bahwa pesawat telah mendarat di Edinburgh, sementara mereka mengharapkan tiba di Dusseldorf.

Setelah kru pesawat menyadari kesalahan yang terjadi, pesawat segera kembali mengisi bahan bakar dan melanjutkan penerbangan ke tujuan sebenarnya.

Baca juga: Detik-detik Pesawat British Airways Oleng di Udara akibat Angin Kencang

Pesawat baru mendarat di Dusseldorf, Jerman, dengan keterlambatan hampir tiga jam dari jadwal seharusnya.

Dilansir New York Times, kesalahan terjadi pada dokumen yang diajukan oleh perusahaan Jerman yang telah mencarter pesawat, WDL Aviation. Perusahaan tersebut salah dalam mengajukan rute kepada pengontrol lalu lintas udara.

"Kami bekerja sama dengan WDL Aviation yang mengoperasikan penerbangan atas nama British Airways sedang bekerja menemukan penyebab rencana penerbangan yang salah diajukan," kata British Airways dalam pernyataannya.

Secara keseluruhan, penerbangan berjalan lancar dan tidak menunjukkan risiko bahaya. Hanya karena adanya kesalahan dokumen, para kru penerbangan, dari pilot hingga pengontrol lalu lintas udara, meyakini bahwa pesawat tersebut bertujuan ke Edinburgh. Sementara para penumpang naik dengan maksud ingin ke Dusseldorf.

Maskapai British Airways juga telah menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang atas ketidaknyamanan yang dialami dalam penerbangan tersebut.

"Kami telah meminta maaf kepada para pelanggan atas gangguan dalam perjalanan mereka dan akan menghubungi mereka secara individual," kata maskapai dalam pernyataannya.

Permohonan maaf juga disampaikan pihak Bandara London melalui akun resmi Twitter mereka.

"Kami menyesalkan bahwa penumpang yang berangkat ke Dusseldorf dengan penerbangan BA3271 dioperasikan oleh WDL Aviation mendarat di ibu kota Skotlandia," kata pihak bandara.

Baca juga: Akibat Anaknya Nangis di Kabin, Pria India Diusir British Airways

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com