Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Jules Verne, Pelopor Novel Fiksi Ilmiah

Kompas.com - 25/03/2019, 23:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para penggemar novel fiksi ilmiah, nama Jules Verne tentu sudah tidak asing. Penulis asal Perancis ini memang menjadi salah satu yang mempelopori novel genre tersebut.

Penulis dengan nama lengkap Jules Gabriel Verne itu terkenal dengan karya-karya novel fiksi ilmiahnya yang menceritakan kisah petualangan yang tak biasa.

Jules Verne, lahir pada 8 Februari 1828 di Nantes, Perancis, dari pasangan Pierre Verne, seorang pengacara, dan Sophie Allote de la Fuye, yang berdarah Skotlandia.

Jules memiliki seorang adik laki-laki bernama Paul dan tiga adik perempuan, Anna, Mathilde, dan Maria.

Sang ayah menginginkan putra tertuanya untuk mengikuti jejaknya menjadi seorang pengacara sehingga mengirim Jules untuk belajar hukum di Paris pada 1847.

Namun Jules muda justru jatuh cinta kepada dunia sastra, terlebih seni pertunjukan teater.

Setelah lolos dalam ujian jurusan hukum tahun pertama, Jules kembali ke Nantes. Saat pulang ke kampung halamannya itu dia bertemu dan jatuh cinta kepada Rose Herminie Arnaud Grossetiere yang setahun lebih tua darinya.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Michelangelo, Seniman Terkenal di Era Renaisans Italia

Jules pun menuliskan sekitar 30 karya puisi yang ditujukan untuk Rose. Namun hubungan keduanya tidak direstui karena Jules yang belum memiliki masa depan yang jelas dan Rose dinikahkan oleh kedua orangtuanya dengan seorang tuan tanah kaya raya yang berusia 10 tahun lebih tua.

Pada Juli 1848, Jules kembali ke Paris untuk menyelesaikan sekolah hukumnya, seperti keinginan sang ayah. Tiga tahun berselang, Jules yang tetap menjalankan hobinya menulis, dapat lulus pada Januari 1851.

Kendati memiliki ijazah sekolah hukum, Jules lebih memilih untuk berkarir sebagai penulis, meski sang ayah terus mendesaknya untuk menjalani profesi sebagai pengacara.

Hingga puncaknya pada Januari 1852, sang ayah menawarkan untuk membuka sendiri kantor praktik hukum di Nantes. Namun sekali lagi menolak tawaran itu dan memilih terus menjadi penulis.

Menjadi Penulis

Selama merintis karir sebagai penulis, Jules banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan nasional Perancis, di mana dia membaca buku-buku untuk bahan tulisannya, terutama yang berkaitan dengan penemuan terbaru dan juga geografi.

Jules juga mulai menulis karya skenario untuk pertunjukan, selain bekerja sebagai sekretatis di Theatre Lyrique dan merilis cerpen maupun esai ilmiah.

Dari hasil membaca buku-buku di perpustakaan nasional, Jules membayangkan untuk membuat sebuah kisah yang menggabungkan fakta ilmiah dengan petualangan fiktif.

Pada 1857, Jules menikah dan selama beberapa tahun dia bekerja sebagai broker untuk pasar saham Paris. Pekerjaan itu dilakukan Jules demi memenuhi kebutuhan perekonomiaannya setelah menikah. Namun dia tidak pernah berhenti membaca di perpustakaan dan menulis karya.

Pada September 1862, Jules bertemu dengan Pierre-Jules Hetzel, yang kemudian setuju untuk mempublikasikan karya fiksi ilmiah pertamanya, yang berjudul "Cinq semaines en ballon" atau "Lima Minggu di Sebuah Balon" (1863).

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Gustave Eiffel, Arsitek Menara Paling Terkenal di Paris

Tulisannya diserialisasikan dalam majalan milik Hetzel dan menjadi best seller, hingga Hetzel pun menawarkan sebuah kontrak jangka panjang untuk lebih banyak karya fiksi ilmiah Jules.

Serangkaian tulisan fiksi ilmiah Jules tersebut kemudian dikenal dengan seri "perjalanan yang luar biasa". Jules pun berhenti bekerja sebagai broker saham dan menjadi penulis penuh waktu.

Selama 40 tahun berkarir sebagai penulis, Jules telah menghasilkan lebih dari 60 karya fiksi ilmiah "perjalanan yang luar biasa".

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com