Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Pabrik Kimia di China, 12 Orang Tewas

Kompas.com - 22/03/2019, 08:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

YANCHENG, KOMPAS.com - Ledakan besar terjadi di sebuah pabrik kimia di China timur, Kamis (21/3/2019). Sedikitnya 12 orang telah dilaporkan tewas dalam insiden yang kesekian kalinya melibatkan pabrik kimia di China.

Dilansir AFP, insiden ledakan tersebut terjadi di fasilitas yang dikelola Tianjiayi Chemical, di kota Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur.

Selain korban tewas, dampak ledakan juga menyebabkan gedung di sekitar pabrik roboh dan rumah-rumah mengalami kerusakan. Puluhan orang dilaporkan terluka, sementara asap tebal membumbung tinggi ke angkasa.

Penduduk di kawasan sekitar turut dievakuasi karena adanya kekhawatiran akan asap beracun yang menyebar akibat insiden.

Dikutip dari pernyataan pejabat kota setempat, sekitar 30 orang dilaporkan mengalami luka parah dan lebih banyak yang lainnya luka ringan.

Baca juga: Ledakan Terjadi di Laboratorium Kampus di China, Tiga Mahasiswa Tewas

"Saat ini tindakan penyelamatan masih berlangsung dan penyebab terjadinya ledakan masih dalam penyelidikan," kata pejabat kota dalam akun media sosial Weibo.

Menurut laporan CCTV, api kebakaran telah mulai dapat dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran, beberapa jam usai terjadinya ledakan.

Hingga Jumat (22/3/2019) dini hari, sebanyal 88 orang telah dapat dikeluarkan dari lokasi reruntuhan bangunan yang disebabkan ledakan, termasuk 12 orang yang dilaporkan tewas dalam insiden.

Ledakan yang terjadi sangat besar sehingga sempat memicu terjadinya gempa kecil bermagnitudo 2,2 yang dirasakan warga di sekitar lokasi insiden.

Hasil pantaian udara dari atas lokasi ledakan menunjukkan luasnya area yang terdampak kerusakan yang ditimbulkan guncangan dari ledakan.

Salah seorang anggota tim penyelamat kepada CCTV menegaskan bahwa situasi di lapangan saat ini sangat kompleks dan fokus tim penyelamat saat ini masih untuk menarik keluar korban dari lokasi insiden.

"Warga yang terluka di dekat lokasi ledakan juga telah dikirim ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan," kata pihak berwenang setempat.

Diberitakan kantor berita Xinhua, ledakan terjadi usai muncul api dan menimbulkan kebakaran di sebuah pabrik pupuk.

Angin kencang yang berhembus di sekitr lokasi ledakan telah menyebabkan asap yang diduga beracun tersebar ke rumah-rumah warga, sehingga petugas merasa perlu dilakukan langkah evakuasi.

Kecelakaan industri masih kerap terjadi di China, di mana peraturan keselamatan seringkali tidak dijalankan dengan baik.

Baca juga: 22 Orang Tewas dalam Ledakan Dekat Pabrik Kimia di China

November tahun lalu, kebocoran gas menyebabkan timbul ledakan di pabrik produksi PVC di China utara, menewaskan 24 orang dan 21 lainnya luka.

Di bulan Juli, ledakan terjadi di pabrik kimia di provinsi Sichuan dan menewaskan 19 orang ditambah 12 lainnya luka-luka.

Pada 2015, ledakan besar terjadi di fasilitas penyimpanan di sebuah pabrik kimia raksasa, menewaskan sedikitnya 165 orang di kota pelabuhan Tianjin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com