Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan di AS Lahirkan Bayi Seberat Hampir 7 Kilogram

Kompas.com - 20/03/2019, 12:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Fox News

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang perempuan di New York menjadi perhatian di sebuah rumah sakit setelah melahirkan bayi seberat hampir tujuh kilogram.

Joy Buckley, asal Corning, melahirkan di Pusat Medis Arnot Ogden pada Selasa (12/3/2019) lalu. Bayi perempuan yang diberi nama Harper itu terlahir dengan bobot 6,94 kilogram dan panjang 60 sentimeter.

Harper menjadi bayi terbesar yang pernah lahir di rumah sakit tersebut, menurut laporan WETM yang mengutip catatan rumah sakit selama 30 tahun terakhir.

"Saya merasa seperti dihantam dua truk trailer. Rasanya sangat mengerikan. Dia seperti terjebak di bawah tulang rusuk saya," kata Joy menceritakan proses melahirkan putrinya, kepada New York Post, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Sang Ibu Ketiduran, Bayi 6 Bulan Tewas Tenggelam di Bak Mandi

Joy mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa dia telah diberi tahu oleh dokter bahwa bayinya akan tumbuh besar. "Tetapi saya tidak pernah menyangka dia akan seberat itu," kata dia.

Begitu lahir, Harper langsung dibawa ke Unit Perawatan Intensif Kelahiran Baru untuk dipantau kadar gula dan oksigennya.

Bayi pada umumnya lahir dengan bobot sekitar 3,9 kilogram, menurut MedlinePlus. Bayi yang lahir dengan berat di atas rata-rata biasanya karena dipengaruhi oleh ibunya yang juga berbadan besar atau menderita diabetes selama masa kehamilannya.

Joy dan suaminya sempat didiagnosis akan sulit memiliki bayi dengan peluang di bawah 15 persen untuk menjadi hamil. Padahal saat itu pasangan Buckley telah menikah selama tujuh tahun.

Hingga pada akhirnya, pasangan itu memutuskan untuk mengadopsi anak.

Namun pada Mei 2016, Joy mendapat kejutan karena dia akhirnya dinyatakan hamil dan melahirkan anak pertamanya, bayi laki-laki dengan berat 4,9 kilogram.

"Menjadi ibu adalah hal yang selalu ingin saya lakukan dalam hidup. Karenanya saya sangat bahagia saat pertama kali hamil dan melahirkan."

Baca juga: Bayi di China Selamat Setelah Jantungnya Berhenti Berdetak 30 Menit

"Dan sekarang saya melahirkan anak kedua saya. Saya pun berpikir akhirnya saya akan menjadi seorang ibu untuk tiga anak-anak saya. Itu adalah sesuatu yang selalu saya inginkan," ujarnya.

Setelah kelahiran anak keduanya yang melebihi normal, kini Joy telah mulai pulih dan dapat berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com