Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 9 Tahun Berkeliling Bagikan Uang Tabungan Orangtuanya ke Orang Asing

Kompas.com - 19/03/2019, 16:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BAD VILBEL, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia 9 tahun asal negara bagian Hesse, Jerman, kedapatan saat sedang membagi-bagikan uang kepada para tetangganya.

Namun uang yang dibagikannya ternyata bukanlah miliknya, melainkan dari simpanan milik kedua orangtuanya.

Kepolisian Jerman menerima laporan dari warga yang menyebut ada seorang anak mengetuk pintu rumah-rumah penduduk di Kota Bad Vilbel, dekat Franfurt.

Bocah yang tidak diungkapkan identitasnya itu membagikan lembaran uang 50 euro (sekitar Rp 800.000) kepada siapa pun yang membukakan pintu.

Menurut laporan polisi, kepada pemilik rumah, bocah itu mengatakan bahwa dia telah menemukan uang itu di pekarangan rumah mereka dan bermaksud mengembalikannya.

Baca juga: Bagi-bagi Uang hingga Rp 12,9 Miliar, Pengusaha Jepang Cetak Rekor Retweet

Beberapa warga menerima uang tersebut dan memberi bocah itu sejumlah uang sebagai hadiah. Namun seorang warga merasa curiga sehingga menghubungi polisi.

Saat ditanya oleh petugas polisi, bocah itu membawa sebuah tas yang berisi uang tunai sejumlah 2.700 euro (sekitar Rp 43 juta), sebagian besar dalam pecahan uang kertas 50 euro.

Dia mengaku menemukan tas berisi uang tersebut dan bermaksud mengembalikannya.

Namun polisi yang tidak langsung percaya mencoba menghubungi orangtua bocah itu dan akhirnya terjawab bahwa uang tersebut merupakan seluruh simpanan tunai mereka.

Saat bocah tersebut akhirnya diserahkan kembali kepada orangtuanya, sebanyak 260 euro (sekitar Rp 4 juta) telah hilang, yang berarti ada setidaknya lima warga yang menerima saat bocah itu menawarkan uang tersebut.

Polisi mengaku masih tidak yakin tetang motif anak kecil itu membagikan uang tersebut kepada para tetangganya. Sementara kedua orangtuanya telah meminta warga yang menerima untuk mengembalikan uang tersebut.

"Sudah tentu keluarga itu akan senang jika bisa mendapatkan kembali uang tabungan mereka," kata seorang juru bicara polisi.

Dikabarkan surat kabar setempat, Frankfurter Rundschau, uang yang hilang masih belum ditemukan. Demikian dilansir Metro.co.uk.

Baca juga: Minta Nasihat untuk Dirikan Maskapai, Bocah 10 Tahun Surati CEO Qantas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com