Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Kecil di Australia Ini Gelar Pemakaman untuk Seekor Buaya

Kompas.com - 18/03/2019, 10:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

CARDWELL, KOMPAS.com - Penduduk di sebuah kota kecil di Queensland utara menggelar upacara pemakaman untuk salah satu anggota komunitas mereka, seekor buaya.

Namun buaya tersebut tidak seperti buaya pada umumnya. Buaya air asin yang memiliki panjang mencapai 4,5 meter tersebut diyakini sudah berusia sangat tua, yakni 80 tahun.

Lebih dari 50 orang menghadiri upcara pemakaman Bismarck, nama buaya tersebut, yang digelar di Cardwell Jetty dan diorganisir oleh warga lokal, Thea Ormonde.

Dengan lagu "Crocodile Rock" dari Elton John sebagai musik latar dan sebuah penghormatan dari keluarga mendiang Steve Irwin, yang dikenal dengan acara televisinya "The Crocodile Hunter", acara pemakaman itu digelar Sabtu (16/3/2019) lalu.

Baca juga: Buaya Raksasa di Georgia Berakhir Eutanasia karena Masalah Kesehatan

Bismarck yang telah lama menjadi salah satu daya tarik wisatawan di kota kecil itu, ditemukan mati oleh seorang nelayan, Ryan Moody, awal bulan ini. Buaya itu diyakini mati akibat luka yang mirip luka tembakan pada bagian kepalanya.

Keluarga mendiang Steve Irwin yang diwakili putra dan putrinya, Rob dan Bindi Irwin, harus untuk membacakan penghormatan kepada Bismarck dan warga kota Cardwell.

Menurut Rob dan Bindi, ayah mereka sangat bangga terhadap warga kota Cardwell yang telah menerima seekor buaya sebagai bagian dari komunitasnya.

"Dia sangat, sangat bersemangat melindungi buaya dan memastikan kami memiliki dinosaurus modern ini untuk generasi penerus kita," kata Bindi.

Sementara, Ormonde mengatakan kepada AFP, dirinya masih tidak percaya jika kematian Bismarck si buaya telah menarik perhatian dari seluruh dunia.

"Bismarck senang terhadap penduduk setempat dan juga para wisatawan karena dia tidak takut menunjukkan dirinya pada jarak aman," ujarnya.

"Saya sendiri percaya jika Bismarck hidup dengan anggapan jika dia tidak diganggu maka dia juga tidak akan mengganggu," imbuhnya.

Seorang juru bicara dari Cardwell Police mengkonfirmasi bahwa pihak kepolisian setempat saat ini masih menyelidiki kasus kematian buaya dasawarsa itu yang kematiannya bisa membawa pelaku pada hukuman denda karena dianggap ilegal.

Di negara bagian Queensland, perburuan buaya secara ilegal dapat dikenai sanksi denda hingga lebih dari 28.000 dollar Australia (sekitar Rp 283 juta).

Baca juga: Geledah Rumah Pengedar Narkoba, Polisi AS Temukan Buaya di Dapur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com