Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdapat Pengungsi dalam Korban Aksi Teror di Masjid Selandia Baru

Kompas.com - 16/03/2019, 09:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CHRISTCHURCH, KOMPAS.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan, korban aksi teror di masjid Christchurch berasal dari negara Muslim.

Diwartakan AFP Jumat (15/3/2019), jajarannya tengah berkoordinasi dengan konsulat dari negara Arab Saudi, Indonesia, Malaysia, maupun Bangladesh.

Satu warga Saudi dan dua warga Yordania dilaporkan masuk dalam daftar korban tewas. Sementara lima warga Pakistan dikabarkan menghilang.

Baca juga: Teroris Penembakan Masjid Selandia Baru Nyengir Saat Digelandang ke Pengadilan

Berdasarkan keterangan Gereja South West Baptist di laman Facebook, ada empat pengungsi yang mereka tangani menjadi korban dalam insiden saat Shalat Jumat tersebut.

Pastor Senior South West Baptist Alan Jamieson mengatakan seperti dikutip Sky News, para pengungsi itu mereka tampung delapan bulan lalu.

"Malam ini, komunitas yang menampung mereka berkumpul dan membantu para korban baik di rumah sakit maupun rumah. Mereka berkumpul dan berdoa," tutur Jamieson.

Ali Akil dari Solidaritas Suriah Selandia Baru kepada Newshub berkata, ada sejumlah pengungsi Suriah yang tertembak di Christchurch.

Beberapa di antara pengungsi yang menerima perawatan di rumah sakit masih anak-anak. Dia menyebut ada keluarga di mana sang ayah menjadi korban tewas.

"Sangat menyedihkan para pengungsi ini datang menghindari kematian dan penyiksaan di Suriah. Namun di sini, mereka dibunuh," keluh Akil.

Dia tidak bisa mengonfirmasi berapa pengungsi Suriah yang ada dalam korban. Namun, dia menyatakan ada anak yang masih menghilang, dan satu anak lainnya terluka serius.

Ardern yang mengunjungi lokasi kejadian di Al Noor dan Linwood juga menyempatkan diri mendatangi pusat penampungan pengungsi di Christchurch.

Di sana, para pengungsi sempat menanyakan bagaimana pengamanan di masjid. Dilaporkan Ardern sempat diberi tahu terdapat "ketakutan" di kalangan pengungsi.

"Ini bukanlah Selandia Baru yang kita kenal," ujarnya seraya memberi perkembangan terbaru 39 orang masih di rumah sakit dengan 11 di antaranya berada di unit gawat darurat.

Baca juga: Teror di Selandia Baru, Umat Muslim Australia Diminta Waspada

Sebelumnya, teroris yang diidentifikasi bernama Brenton Tarrant menyiarkan aksinya ketika menyerbu Masjid Al Noor dan Linwood ketika jemaah menunaikan Shalat Jumat.

Menggunakan senapan semi-otomatis dan shotgun, dia membunuh 49 orang. Di manifesto yang diunggahnya, dia mengaku sudah merencanakan serangan di Christchurch selama tiga bulan terakhir.

Polisi bergerak cepat dengan menangkap empat orang, tiga pria dan satu perempuan, di dalam mobil beberapa jam setelah penembakan terjadi.

Petugas mengugnkapkan mereka menemukan dua bom rakitan di mobil para terduga teroris, dan berhasil dinetralkan oleh militer.

Baca juga: Saya Kira Orang Itu Membawa Pistol Air, Ini Selandia Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com