Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut: AS Baru Saja Membuang Kesempatan Emas

Kompas.com - 15/03/2019, 20:13 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,BBC

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) menyatakan, mereka tengah mempertimbangkan untuk menghentikan negosiasi dengan Amerika Serikat (AS) terkait denuklirisasi.

Peringatan itu muncul di tengah isu Korut tengah memulai kembali aktivitasnya di situs peluncuran roket dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: CIA Diduga Terlibat Aksi Pencurian Komputer Kedubes Korut di Spanyol

Wakil Menteri Luar Negeri Choe Sun Hui dalam konferensi pers di Pyongyang berkata, AS baru saja membuang kesempatan emas terkait pelucutan senjata nuklir Korut.

Dilansir TASS via BBC Jumat (15/3/2019), Choe berujar Pemimpin Korut Kim Jong Un bakal membuat pernyataan resmi tentang sikapnya dalam diskusi dengan AS di masa depan.

"Kami tidak mempunyai niat mengikuti seluruh perintah AS, atau melangsungkan negosiasi dengan cara apapun," ucap Choe di hadapan diplomat asing.

Choe menjelaskan Korut kecewa dengan kegagalan pertemuan antara Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Vietnam pada Februari lalu.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari di Hotel Metropole Hanoi itu, Trump menyatakan Kim ingin seluruh sanksi dicabut, dan membuat kesepakatan pun batal.

Seperti dikutip CNN, Choe menyebut kegagalan pertemuan itu dikarenakan Washington terlalu banyak menuntut dan tidak fleksibel.

"Mereka (AS) terlalu sibuk mengejar kepentingan politik mereka sendiri, dan tidak menunjukkan ketertarikan untuk meraih hasil," ungkap Choe.

Dia menampik tudingan Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo bahwa Pyongyang meminta seluruh sanksi dicabut sebelum denuklirisasi dimulai.

Yang diminta Korut, beber Choe. adalah AS bersedia mencabut lima sanksi ekonomi yang dianggap paling memberatkan, bukan seluruhnya.

"Yang jelas, AS sudah membuang kesempatan emas. Saya tidak mengerti mengapa mereka melontarkan ucapan itu. Kami tak pernah menginginkan seluruh sanksi dicabut," katanya.

Baca juga: Korut Disebut sedang Persiapkan Peluncuran Rudal atau Roket Luar Angkasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com