Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Teror Selandia Baru Bikin London Tingkatkan Pengamanan Masjid

Kompas.com - 15/03/2019, 19:26 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Kepolisian Inggris meningkatkan penjagaan dan patroli di sejumlah masjid menyusul serangan teror di Selandia Baru yang menewaskan 49 orang.

Wali kota London Sadiq Khan dan perwira kepolisian anti-teror Inggris mengatakan, jumlah petugas akan ditingkatkan saat shalat Jumat digelar.

"Saya ingin menastikan kepada komunitas Muslim di London. Saya sudah berkomunikasi dengan kepolisian. Hari ini mereka akan menjaga masjid di saat warga Muslim London menjalankan shalat Jumat," ujar Khan, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Teroris Penembakan Masjid Selandia Baru Sudah Rencanakan Aksinya Selama 3 Bulan

Hal senada disampaikan komandan unit anti-teror kepolisian metropolitan London, Neil Basu.

"Kami akan meningkatkan kehadiran patroli di sekitar masjid dan meningkatkan keterlibatan kami di komunitas berbagai agama, memberi saran bagaimana warga bisa melindungi diri sendiri," ujar Basu.

"Bersama dengan rekan intelijen, kami terus memantau berbagai ancaman yang ada, termasuk terhadap dan di sekitar rumah ibadah dan komunitas tertentu di negeri ini," tambah dia.

Basu menambahkan, pihaknya siap membantu kepolisian Selandia Baru dalam merespon dan melakukan investigasi serangan teror ini.

Sementara itu,ketua Dewan Muslim Inggris Harun Khan mengatakan, umat Muslim Inggris (MCB) mempersiapkan ibadah shalat Jumat dengan rasa was-was.

"Apakah masjid dan komunitas kami aman di hadapan Islamophobia dan kekerasan terhadap umat Muslim?" ujar Khan.

MCB mengatakan, dua masjid di Newcastle pernah menjadi sasaran vandalisme dengan menggambar lambang Nazi di tembok masjid.

Sebenarnya, London sudah pernah meningkatkan pengamanan masjid menyusul adanya serangan teror. Patroli tambahan dikerahkan usai serangan di Finsbury Park pada 19 Juni 2017.

Baca juga: WNI Korban Penembakan di Masjid Selandia Baru 2 Bulan Pindah dari Yogyakarta

Saat itu pelaku serangan teror Darren Osborne menabrakkan minibusnya ke para pejalan kaki yang baru saja keluar dari sebuah pusat kegiatan Muslim di dekat masjid Finsbury Park, London.

Satu orang tewas dan beberapa orang lainnya cedera. Osborne sendiri ditahan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com