Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Venezuela Kaget Air Keran Mereka Berubah Jadi Hitam

Kompas.com - 14/03/2019, 13:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Daily Mail

CARACAS, KOMPAS.com — Sejumlah warga Venezuela kaget ketika bangun pagi mendapati air yang keluar dari keran mereka berubah menjadi hitam.

Warga di San Diego, Negara Bagian Carabobo, memenuhi media sosial dengan foto dan video yang memperlihatkan air di rumah mereka berwarna hitam.

Baca juga: China Siap Bantu Venezuela Atasi Krisis Listrik Akibat Pemadaman Massal

Diwartakan Daily Mail Rabu (13/3/2019), jurnalis lokal menuturkan, warga di kota itu kesulitan memperoleh pasokan air selama beberapa bulan.

Kesulitan itu diperparah dengan pemadaman listrik hampir satu pekan penuh di sejumlah area. Warga mengeluh, air mereka sudah bercampur dengan minyak.

"Situasi kekurangan air yang tengah terjadi di San Diego sangatlah mengerikan," ungkap Heberlizeth Gonzalez, si jurnalis lokal itu, di Twitter.

Gonzalez menjelaskan terdapat area yang menghabiskan lebih dari dua bulan tanpa layanan air bersih, seperti di wilayah Valencia dan Los Coolos.

Seorang warganet di Twitter menyatakan air yang terkontaminasi minyak kebanyakan terjadi di San Diego. "Terima kasih sudah membuat hidup jauh lebih mudah di negeri ini," sindirnya.

Venezuela mempunyai cadangan minyak mentah terbesar di dunia. Namun, Presiden Nicolas Maduro dituding salah mengurus produksi dan membuat negara berada dalam krisis.

Laporan tentang adanya air keran yang menghitam itu beredar sehari setelah jaksa Venezuela bakal memulai penyelidikan terhadap pemimpin oposisi Juan Guaido.

Jaksa Tarek William Saab berkata dia yakin Guaido bertanggung jawab atas padamnya listrik yang berujung penjarahan hingga pencurian.

Pemerintahan Maduro menyebut oposisi yang didukung Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan siber terhadap sistem dan membuat aliran listrik terputus.

Karena pemadaman itu, kawasan bisnis tutup, rumah sakit kesulitan beroperasi, dan layanan transportasi publik menjadi lumpuh.

Sebanyak 17 pasien rumah sakit dilaporkan meninggal, dengan sebagian besar menderita penyakit ganjil. Pemadaman membuat kebutuhan fasilitas medis terhenti.

Guaido dan Washington menyalahkan korupsi dan salah urus yang dilakukan rezim Maduro membuat Venezuela yang dulunya makmur dihantam krisis ekonomi.

Baca juga: Pemimpin Oposisi Venezuela Berjanji Gulingkan Maduro Secepatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com