Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Myanmar Pulangkan Sisa-sisa Jenazah Diduga Tentara AS yang Tewas dalam PD II

Kompas.com - 12/03/2019, 20:24 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MANDALAY, KOMPAS.com - Pemerintah Myanmar menyerahkan sisa-sisa jenazah yang diduga milik personil tentara AS yang tewas di negara itu selama berlangsungnya Perang Dunia II.

Upacara penyerahan sisa-sisa jenazah korban PD II, yang tercatat baru pertama kali dilakukan Myanmar dengan AS tersebut dilangsungkan di Bandara Internasional Mandalay, pada Selasa (12/3/2019).

"Hari ini kita memulangkan sisa-sisa (jenazah) yang mungkin adalah milik warga AS yang meninggal saat menjalankan tugasnya demi negara kita lebih dari 75 tahun lalu," kata Duta Besar AS untuk Myanmar, Scot Marciel, dalam sebuah pernyataan, yang dikutip AFP.

Baca juga: Jenazah Seorang Korban Pearl Harbor Teridentifikasi Setelah Lebih dari 70 Tahun

"Kita berutang kepada mereka untuk selalu menghormati kenangan mereka, dengan tidak pernah melupakan pengorbanan mereka, dan berjuang sebagai bangsa untuk membangun perdamaian, keadilan, serta kebebasan di segala tempat," tambahnya.

Dilansir AFP, ratusan personil militer AS yang menjadi korban pertempuran di Myanmar, di mana pasukan sekutu berperang melawan Jepang selama PD II masih belum ditemukan.

Sisa-sisa jenazah tentara AS yang dipulangkan kali ini diyakini terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat B-25G di kawasan Salingyi, barat laut Sagaing, pada Februari 1944 silam.

Puing-puing pesawat tersebut telah ditemukan dalam penyelidikan yang dilakukan dua tahun kemudian, namun tidak ditemukan adanya kuburan para korban.

Sisa-sisa jenazah tersebut baru ditemukan selama misi pemulihan yang dilakukan baru-baru ini oleh Badan Pelaporan Tahanan Perang dan Hilang dalam Aksi dari Departemen Pertahanan (DPAA), untuk kemudian dikirim ke laboratorium forensik di Hawaii dan dilakukan analisis lanjutan.

DPAA yang bekerja di bawah Departemen Pertahanan AS bertugas untuk mengidentifikasi lebih dari 82.000 pria dan wanita yang hilang dalam konflik selama Perang Dunia II.

Saat ini tercatat masih ada 632 personil tentara AS yang belum ditemukan di Myanmar sejak PD II dan DPAA sejauh ini telah mengidentifikasi 14 anggota militer yang hilang.

Baca juga: George Mendonsa, Pelaut yang Fotonya Jadi Ikon Berakhirnya PD II Meninggal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com