Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Ini Pilih Tetap Terbangkan Boeing 737 MAX 8 Pascainsiden di Etiopia

Kompas.com - 11/03/2019, 23:13 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com — Sejumlah maskapai penerbangan dan pemerintah negara memutuskan untuk mengandangkan sementara pesawat Boeing 737 MAX 8 mereka pascainsiden yang menewaskan 157 orang di Etiopia, Minggu (10/3/2019).

Selain Pemerintah Indonesia, larangan menerbangkan pesawat penumpang itu juga dikeluarkan oleh Beijing.

Sementara Ethiopian Airlines juga mengambil langkah serupa meski tidak ada anjuran ataupun larangan dari pemerintah Addis Ababa.

Kendati demikian, sejumlah negara berikut ini memilih untuk tetap mengizinkan pengoperasian Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki maskapai mereka sembari memantau perkembangan yang ada.

Baca juga: Bawa 157 Orang, Pesawat Ethiopian Airlines Jatuh Tak Lama Setelah Lepas Landas

Dilansir AFP, negara-negara tersebut antara lain:

1. Rusia

Maskapai penerbangan domestik terbesar Rusia, S7 Airlines, memilih tetap mengoperasikan pesawat Boeing 737 MAX 8 mereka sambil menunggu adanya instruksi yang melarang penggunaanya dari pihak produsen pesawat, sementara tetap mengikuti perkembangan penyelidikan.

2. Turki

CEO Turkish Airlines yang memiliki 11 Boeing 737 MAX 8 mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan produsen pesawat dan menegaskan bahwa keselamatan penumpang merupakan hal yang paling utama.

Namun, pihak maskapai tidak mengumumkan penangguhan pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8 mereka dan akan terus menerbangkannya.

3. Italia

Maskapai Air Italy mengatakan telah menjalin komunikasi yang intensif dengan pihak otoritas penerbangan dan siap melaksanakan setiap arahan yang diberikan demi memaksimalkan keamanan dan keselamatan penerbangan. Namun, untuk sementara, mereka akan tetap menerbangkan pesawat Boeing 737 MAX 8 mereka.

4. Irlandia

Pejabat Icelandair, Jens Thordarson mengatakan bahwa terlalu dini untuk mengaitkan antara insiden jatuhnya Boeing 737 MAX 8 di Etiopia dan di Indonesia.

Karena itu, pihaknya mengatakan tidak ada alasan untuk takut dalam menggunakan mesin pesawat tersebut. Namun, mereka mengatakan, kebijakan masih sangat mungkin berubah sesuai dengan perkembangan penyelidikan.

Baca juga: Kedua Kotak Hitam Ethiopian Airlines Ditemukan

5. Dubai

Maskapai Flydubai mengatakan saat ini tetap merasa yakin dengan kelaikan terbang Boeing 737 MAX 8 mereka, tetapi mereka tetap akan memantau perkembangan situasi yang ada.

6. Norwegia

Maskapai Norwegian Air Shuttle yang memiliki 18 unit Boeing 737 MAX 8 menegaskan tetap akan menerbangan pesawat mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com