Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Kecil di AS Ini Pilih Seekor Kambing sebagai "Wali Kota"

Kompas.com - 11/03/2019, 19:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

FAIR HAVEN, KOMPAS.com - Sebuah kota kecil yang berada di negara bagian Vermont, AS, belum lama ini memilih seekor kambing sebagai wali kota.

Kambing berusia tiga tahun bernama Lincoln, sama seperti nama presiden ke-16 AS, itu terpilih dalam pemilihan yang dilangsungkan pada Selasa (5/3/2019) pekan lalu.

Lincoln terpilih usai unggul dalam perolehan suara dibandingkan 15 kandidat lainnya yang turut serta dalam ajang "pemilihan wali kota" yang hanya diikuti oleh hewan.

Selain Lincoln si kambing, juga ada Crystal si gerbil, Sammie si anjing, serta kandidat lain yang merupakan kucing dan hewan lainnya.

Baca juga: Dua Jam Usai Ambil Sumpah, Wali Kota di Meksiko Tewas Ditembak

Lincoln terpilih setelah memperoleh 13 suara dalam pemilihan. Namun tentunya Lincoln si kambing tidak akan benar-benar menjalankan tugas sebagai wali kota.

Fair Haven, sebuah kota berpenduduk 2.500 orang di bagian barat negara bagian Vermont, dipimpin oleh seorang manajer kota.

Manajer Kota Fair Haven, Joseph Gunter, mengatakan pihaknya menggelar ajang pemilihan itu sebagai salah satu bentuk pembelajaran berdemokrasi.

"Saya mendapat ide untuk menyelenggarakan pemilihan 'wali kota' ini setelah membaca di sebuah surat kabar bahwa desa Omena di Michigan telah mengangkat seekor kucing bernama Sweet Tart sebagai pejabat tertinggi."

"Kami menyelenggarakan pemilihan ini sekaligus untuk mengumpulkan dana untuk membangun taman bermain," kata Gunter, dikutip AFP.

Gunter menambahkan, Lincoln, yang merupakan peliharaan seorang guru matematika akan mendapat tugas untuk tampil dalam sejumlah festival atau acara yang diadakan di kota tersebut.

Lincoln akan menjabat sebagai "wali kota" Fair Haven selama satu tahun.

Gunter menambahkan, pemilihan yang baru dilangsungkan kali pertama itu belum cukup menarik pemilih dengan hanya ada 53 suara yang diberikan.

"Namun hal itu adalah cara yang baik untuk melibatkan anak-anak dalam pemerintahan lokal dan kami berharap akan lebih baik tahun depan," kata dia.

Baca juga: Gara-gara Kare Kambing, Pesta Pernikahan Berubah Jadi Baku Hantam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com