Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2019, 18:07 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Tim penyidik tragedi jatuhnya pesawat Boeing 737 Max milik Ethiopian Airlines sukses menemukan kedua kotak hitam pesawat itu.

"Kotak hitam rekaman suara pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh kemarin telah ditemukan," demikian lembaga penyiaan publik FANA lewat akun Twitternya, Senin (11/3/2019).

Namun, tak lama kemudian muncul kabar kedua kotak hitam pesawat yang naas itu telah ditemukan.

Baca juga: Pemerintah RI Sampaikan Duka Cita kepada Keluarga WNI Korban Jatuhnya Ethiopian Airlines

"Digital Flight Data Recorder (DFDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) dari penerbangan ET302 sudah ditemukan," kata manajemen Ethiopian Airlines lewat akun Twitter-nya.

Pada Minggu (10/3/2019), sebuah Boeing 737 milik Ethiopian Arilines jatuh dalam perjalanan dari Addis ke Nairobi, Kenya.

Melansir kantor berita AFP, manajemen maskapai menyatakan pesawat membawa 149 penumpang dan delapan awak.

"Kami dengan ini mengonfirmasi, pesawat nomor penerbangan ET 302 kami dari Addis Ababa ke Nairobi terlibat kecelakaan hari ini," demikian pernyataan manajamen.

Diwartakan Al Jazeera, pihak berwenang mengonfirmasi pesawat tersebut jatuh sekitar pukul 08.44 waktu setempat, tak setelah lama lepas landas pada pukul 08.38 dari Addis Ababa, ibu kota Ethiopia.

Perdana Menteri Etiopia Abiy Ahmed langsung menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

"Kantor Perdana Menteri, atas nama pemerintah dan rakyat Ethiopia, menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga yang kehilangan orang yang dicintai dalam penerbangan Ethiopian Airlines," demikian kantor perdana menteri lewat Twitter resminya.

Sementara itu, Bloomberg menyebutkan, pesawat jatuh di sekitar wilayah Bishoftu atau Debre Zeit, sekitar 50 km sebelah selatan ibu kota Etiopia, Addis Ababa.

Pesawat ini baru berumur beberapa bulan setelah terbang untuk kali pertama pada akhir Oktober lalu.

Baca juga: Telat 2 Menit, Pria Ini Ketinggalan Pesawat Ethiopian Airlines yang Jatuh

Pesawat tersebut juga jenis yang sama dengan milik Lion Air yang jatuh di perairan Karawang pada tahun lalu yang menewaskan 189 orang.

Lion Air JT 610 jatuh pada Oktober 2018, setelah 13 menit lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.


Pesawat Boeing 737 milik Ethiopian Arilines jatuh pada Minggu (10/3/2019) pagi dalam perjalanan dari Addis ke Nairobi, Kenya. Melansir dari kantor berita AFP, manajemen maskapai menyatakan pesawat membawa 149 penumpang dan 8 kru pesawat. "Kami dengan ini mengonfirmasi, pesawat nomor penerbangan ET 302 kami dari Addis Ababa ke Nairobi terlibat kecelakaan hari ini," demikian pernyataan manajamen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawa 157 Orang, Pesawat Ethiopian Airlines Jatuh Tak Lama Setelah Lepas Landas", https://internasional.kompas.com/read/2019/03/10/16233331/bawa-157-orang-pesawat-ethiopian-airlines-jatuh-tak-lama-setelah-lepas.
Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Veronika Yasinta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com