Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 13 Hari di Gunung di Pakistan, Jenazah Dua Pendaki Eropa Ditemukan

Kompas.com - 09/03/2019, 23:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NANGA PARBAT, KOMPAS.com - Jenazah dua pendaki asal Inggris dan Italia yang dilaporkan hilang di gunung di Pakistan selama hampir dua minggu akhirnya ditemukan, Sabtu (9/3/2019).

Dilansir AFP, kedua pendaki bernama Tom Ballard dan Daniele Nardi, terakhir kali diketahui saat hendak mendaki Gunung Nanga Parbat di Pakistan utara, pada 24 Februari lalu.

Gunung setinggi 8.125 meter itu merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Himalaya dan dikenal sebagai puncak tertinggi kesembilan di dunia.

Kedua pendaki diduga mendaki melalui rute yang belum pernah berhasil dilalui sebelumnya.

Kabar ditemukannya jenazah kedua pendaki telah dikonfirmasi oleh Duta Besar Italia untuk Pakistan, Stefano Pontecorvo, melalui akun media sosial Twitter miliknya.

Baca juga: Tiga Pendaki Gunung Tampomas Tersambar Petir, Tim Penyelamat Diterjunkan

Jenazah kedua pendaki diidentifikasi melalui hasil foto udara.

"Dengan menyesal kami mengumumkan bahwa proses pencarian telah resmi berakhir. Tim pencari telah mengkonfirmasi bahwa siluet yang terlihat di ketinggian 5.900 meter merupakan Daniele dan Tom," tulis Pontecorvo, Sabtu (9/3/2019).

Pengumuman tentang ditemukannya jenazah kedua pendaki Eropa itu juga telah diumumkan melalui laman Facebook milik salah satu korban, Daniele Nardi.

"Kami informasikan kepada Anda bahwa pencarian untuk Dainele dan Tom telah berakhir. Sebagian dari mereka akan tetap berada di Nanga Parbat," tulis pesan di Facebook tersebut.

Jenazah kedua pendaki ditemukan setelah dilakukannya proses pencarian secara luas oleh tim Spanyol dengan bantuan pendaki gunung Pakistan, Rehmatullah Baig, yang terakhir mendaki bersama kedua korban sebelum berbalik.

Proses pencarian korban sempat tertunda setelah terjadinya peningkatan ketegangan antara Pakistan dengan India yang berdampak pada penutupan wilayah udara Pakistan.

Tim pencari terpaksa menunggu izin dari otoritas penerbangan setempat sebelum dapat mengirim helikopter untuk membantu proses pencarian.

Diketahui bahwa Tom Ballard, salah satu korban dalam insiden kali ini, merupakan putra dari pendaki gunung wanita pertama yang menaklukkan Gunung Everets seorang diri, Alison Hargreaves.

Dia meninggal pada 1995 saat menuruni gunung K2, gunung tertinggi kedua di dunia yang juga berlokasi di Pakistan utara.

Baca juga: Pendaki Taiwan Berjuluk Bikini Climber Gigi Wu Tewas karena Hipotermia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com