Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Disebut sedang Persiapkan Peluncuran Rudal atau Roket Luar Angkasa

Kompas.com - 09/03/2019, 17:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Korea Utara kembali disebut sedang mempersiapkan peluncuran di sebuah fasilitas di dekat Pyongyang.

Setelah sebelumnya diduga tengah melakukan aktivitas pembangunan di fasilitas peluncuran satelit di Sohae, kini sebuah laporan dari media AS, NPR, menyebut Pyongyang sedang mempersiapkan peluncuran di Sanumdong.

Dugaan tersebut menyusul hasil analisis citra satelit yang menunjukkan adanya aktivitas di fasilitas yang digunakan Pyongyang untuk produksi rudal balistik dan roket luar angkasa itu.

NPR melaporkan, foto Sanumdong yang mereka terima diambil beberapa hari sebelum pertemuan puncak Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un di Hanoi pada akhir Februari lalu.

Baca juga: Korea Utara Disebut Kembali Bangun Situs Peluncuran Satelit di Sohae

Foto-foto citra satelit tersebut disediakan oleh perusahaan DigitalGlobe dan menunjukkan adanya kendaraan berat di lokasi pabrik misil pada 22 Februari.

Diungkapkan bahwa kereta dan alat derek juga terlihat berada di halaman fasilitas pabrik.

"Ketika Anda menyatakan semua (bukti) itu, maka akan benar-benar terlihat seperti Korea Utara sedang dalam proses membangun roket," kata Jeffrey Lewis, peneliti dari Institut Studi Internasional Middlebury di Monterey, seperti dikutip NPR, Jumat (8/3/2019).

Analisis citra satelit Sanumdong ini muncul beberapa hari usai situs 38North dan peneliti dari Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) mengatakan, Pyongyang kemungkinan telah kembali mengaktifkan situs peluncuran roket atau satelitnya di Sohae.

Pernyataan tersebut juga sebagai hasil analisis citra satelit dari lokasi di Korea Utara yang dirilis pada 6 Maret.

Perkembangan situasi di Korea Utara ini kemungkinan akan berdampak pada proses pembahasan denuklirisasi antara Washington dengan Pyongyang.

Terlebih setelah pertemuan kedua Trump-Kim di Hanoi, Vietnam, yang berakhir tanpa tercapainya kesepakatan.

Baca juga: Kim Jong Un Tawarkan Bongkar Fasilitas Nuklir Yongbyon saat Bertemu Trump

Sementara Trump pada Rabu (6/3/2019) menyatakan bakal sangat kecewa apabila Korea Utara benar kembali membangun situs peluncuran rudalnya.

Namun Trump mengatakan masih terlalu dini untuk memastikan kebenaran kabar pembangunan fasilitas peluncuran oleh Korea Utara tersebut.

"Kami akan menunggu perkembangannya. Namun jika benar, maka saya bakal merasa sangat, sangat kecewa," ujar Trump seperti dikutip AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com