Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Cari Calon Istri di Biro Jodoh, Pria China Malah Temukan Putrinya yang Terpisah 40 Tahun

Kompas.com - 09/03/2019, 14:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

SHANGHAI, KOMPAS.com - Seorang pria berusia 90 tahun asal Shanghai, China, bertemu kembali dengan putrinya yang telah terpisah selama 40 tahun berkat bantuan agen biro jodoh.

Pria pensiunan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) bernama Qin itu telah bercerai dengan istrinya, 40 tahun lalu.

Dia bercerai dengan alasan pekerjaannya sebagai tentara mengharuskan dirinya untuk berada jauh dari rumah sehingga hanya memiliki sedikit waktu untuk berkumpul bersama istri dan kedua anaknya.

Setelah bercerai, Qin hilang kontak dengan kedua anaknya. Bahkan saat kembali dari tugas militer. Demikian diberitakan portal berita Kankanews.com seperti dikutip SCMP, Jumat (8/3/2019).

Dia mengatakan hanya berbekal foto lama dirinya bersama istri dan putrinya. Sedangkan nomor telepon yang disimpannya ternyata sudah tidak aktif.

Baca juga: Gagal Carikan Pasangan, Biro Jodoh Ini Harus Bayar Ganti Rugi Rp 233 Juta

"Saya merindukan mereka. Saya pun menjadi putus asa setelah tidak dapat menemukan mereka," kata Qin.

Namun Qin, yang telah hidup sendiri selama beberapa tahun terakhir, akhirnya merasa kesepian. Dan alih-alih melanjutkan mencari anggota keluarganya, Qin memutuskan untuk mencari pasangan hidup.

Dia pun memilih pergi ke sebuah agen biro jodoh.

"Saya sempat tinggal di panti jompo selama satu bulan, tapi saya merasa seperti berada di sebuah pulau terasing, sehingga saya memutuskan meninggalkan tempat itu dan memilih kembali ke rumah," ujar Qin.

Dan saat mendatangi kantor agen biro jodoh, dia kembali dipertemukan dengan Chu, teman lamanya, yang juga kenalan dari istrinya.

Qin lantas menceritakan keinginannya bertemu kedua anaknya, setelah Chu mengatakan bahwa istri Qin telah meninggal delapan tahun lalu dan sejak saat itu sudah tidak mendengar kabar dari anak-anak Qin.

Namun Chu mengaku bakal membantu Qin menemukan kedua anaknya.

Setelah beberapa lama, Chu menginformasikan kepada Qin bahwa dia telah dapat berhubungan dengan putrinya, yang telah menikah dan pindah ke AS sekitar 20 tahun lalu.

Dengan bantuan Chu, akhirnya Qin dapat menghubungi putrinya yang sudah memiliki seorang anak. Ayah dan anak  yang telah terpisah selama empat dekade itu pun berjumpa kembali untuk pertama kalinya melalui layar ponsel menggunakan aplikasi panggilan video.

Baca juga: Terpisah 20 Tahun, Lisa Temukan Ibunya Lewat Facebook

"Saya senang mengetahui putri saya hidup bahagia. Saya merindukannya dan menunggunya untuk kembali," kata Qin dikutip Kankanews.com.

Qin mengatakan dia juga telah berbicara dengan cucunya, yang telah berusia delapan tahun. "Dia cukup bisa berbicara dalam bahasa Mandarin," kata Qin.

Kini, Qin berharap untuk dapat segera bertemu langsung dengan putrinya yang mengatakan bakal berkunjung ke Shanghai pada Juni mendatang.

Qin juga mengatakan telah dapat berhubungan kembali dengan putranya, namun dia tidak menceritakan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com