Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

43 Tahun Hidup Sendiri di Kebun Binatang, Gajah Tersedih di Dunia Ini Mati

Kompas.com - 06/03/2019, 15:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CORDOBA, KOMPAS.com - Seekor gajah yang hidup sendirian di Kebun Binatang Cordoba, Spanyol, dilaporkan mati dalam usia 47 tahun.

Flavia, seekor Gajah Asia betina yang dijuluki gajah paling sedih di dunia mati pada pekan lalu setelah 43 tahun hidup sendirian di kandang.

Baca juga: Seorang Pria di India Tewas Diduduki Gajah yang Dimandikannya

Dilaporkan The Independent Selasa (5/3/2019), kebun binatang menyatakan Flavia mati pada pekan lalu setelah kesehatannya menurun dalam enam bulan terakhir.

Selain itu, Flavia juga menderita depresi. Kebun binatang mengaku mereka sebenarnya sudah bekerja sama dengan aktivis hak binatang PACMA.

Mereka berniat memindahkan gajah yang sudah tinggal di kandang sejak usia tiga tahun itu ke penangkaran dengan harapan bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

Namun diwartakan news.com.au, PACMA mengklaim dia tetap hidup dalam kesendirian dan tidak bisa bergaul dengan gajah yang lain.

Amparo Pernichi, juru bicara lingkungan Cordoba berkata, Flavia menjalani eutanasia pada 1 Maret karena kondisi kesehatannya itu.

"Kematiannya merupakan kabar buruk bagi kebun binatang. Terutama bagi mereka yang sangat menyayangi Flavia," ujar Pernichi.

Dia menjelaskan kondisi kesehatan Flavia sangat memburuk dalam dua pekan terakhir di mana dia bahkan tidak bisa berdiri dan harus diberi obat penenang.

"Ketika Flavia tertidur, petugas memberikan satu suntkan eutanasia untuk mengakhiri penderitaannya," papar Pernichi.

Dia menuturkan Flavia merupakan ikon Cordoba, sekaligus simbol hewan yang menderita karena hidup sendiri di dalam kandang.

Presiden PACMA Silvia Barquero mendesak agar tidak ada lagi binatang yang masuk ke kebun binatang. Dan yang di penangkaran supaya tak dibiarkan berkembang biak.

"Selama hidupnya dia terkurung dan kesepian di sana. Kami berharap tidak ada lagi hewan yang melalui cara seperti ini," papar Barquero.

Gajah merupakan binatang sosial seperti manusia, dan menciptakan ikatan kuat di antara keluarga. Seekor gajah bisa hidup hingga 70 tahun di alam liar.

Baca juga: 5 Terowongan Khusus Gajah Dibangun di Tol Pekanbaru-Dumai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com