Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemu Kalkulator Jerry Merryman Berpulang pada Usia 86 Tahun

Kompas.com - 06/03/2019, 15:19 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber NBC News

DALLAS, KOMPAS.com - Salah satu orang yang berkontribusi dalam penemuan kalkulator, Jerry Merryman, meninggal dunia pada usia 86 tahun.

Laporan NBC News, Rabu (6/3/2019), Merryman berpulang pada 27 Februari lalu di sebuah rumah saki di Dallas akibat komplikasi karena gagal jantung dan ginjal.

Menurut keterangan putri tirinya, Kim Ikovic, Merryman dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember 2018 setelah mengalami komplikasi selama operasi pemasangan alat pacu jantung.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Kalkulator

Merryman merupakan salah satu dari tiga pria yang bekerja sama menghasilkan penemuan kalkulator genggam saat bekerja di Texas Instruments di Dallas.

"Jerry Merryman adalah orang paling cerdas yang saya pernah temui. Benar-benar luar biasa dan cemerlang," kata mantan koleganya, Vernon Porter.

"Dia memiliki ingatan yang luar biasa dan kemampuan untuk mendapatkan formula, informasi, dan pada hampir semua subjek," imbuhnya.

Pada 2013, Merryman pernah mengisahkan penemuan kalkulator genggam kepada NPR.

"Saat itu akhir 1965 dan Jack Kilby, bos saya, mempresentasikan ide kalkulator, Dia memanggil beberapa orang di kantornya," ujarnya.

"Dia bilang, kami ingin punya semacam perangkat komputasi, mungkin untuk mengganti mistar hitung. Akan lebih baik jika itu sekecil buku kecil yang saya miliki dalam genggaman saya," tuturnya.

"Saya pikir kami hanya membuat kalkulator, tapi kami menciptakan revolusi elektronik," ucapnya.

The Smithsonian menyebut ketiganya telah membuat kemajuan berarti untuk mengajukan paten pada September 1967, yang kemudian direvisi sebelum pengajuan terakhir pada 1974.

Merryman lahir pada 17 Juni 1932. Dia tumbuh di Hearne di Texas. Pada usia 11 tahun, dia telah menjadi tukang reparasi radio.

Baca juga: YouTuber Ini Mainkan Lagu Game Mario Bross dengan Kalkulator

Dia menempuh pendidikan di Texas A&M University di College Station tapi tidak selesai.

Setelah bekerja untuk departemen oseanografi dan meteorologi universitas dan pangkalan minyak di Teluk Meksiko, dia mulai bekerja di Texas Instruments pada 1963.

Putrinya, Melissa Merryman, menyebut sang ayah sebagai pria yang rendah hati meski banjir prestasi.

"Dia tidak pernah menyombongkan diri atau membual tentang dirinya sendiri," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com