Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Klaim Cegat Kapal Selam India yang Coba Masuki Wilayah Perairannya

Kompas.com - 05/03/2019, 17:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Angkatan Laut Pakistan mengklaim telah mencegat kapal selam milik India yang mencoba memasuki wilayah perairannya, di tengah ketegangan yang terus meningkat antara kedua negara.

Pernyataan itu disampaikan Angkatan Laut Pakistan, Selasa (5/3/2019), beberapa hari setelah terjadinya pertempuran udara yang jarang terjadi antara jet tempur masing-masing negara.

"Angkatan Laut Pakistan telah menghentikan kapal selam India yang mencoba memasuki wilayah perairan kami," kata seorang juru bicara angkatan laut Pakistan dalam pernyataannya, yang dikutip AFP.

Juru bicara tersebut menambahkan, kapal selam itu tidak sampai menjadi sasaran, mengingat kebijakan yang diterapkan pemerintah Islamabad dalam menjaga perdamaian di kawasan tersebut.

Baca juga: Jika Perang dengan Pakistan, Amunisi India Hanya Cukup untuk 10 Hari

Insiden itu disebut menjadi yang pertama sejak 2016, di mana Pakistan memergoki dan mendorong kapal selam India untuk menjauh dari wilayah perairannya.

Juru bicara itu tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait insiden yang dimaksud, termasuk kapan dan di mana lokasi kapal selam itu terdeteksi.

Maupun apakah saat masih berada di zona ekonomi eksklusif, yakni sejauh 200 mil laut (370 kilometer) dari garis pantai terluar, atau sudah berada di batas perairan teritorial, yang mencakup jarak 12 mil laut (22 kilometer).

Meski demikian, Angkatan Laut Pakistan merilis apa yang diklaimnya sebagai video kapal selam, yang menampilkan rekaman hitam putih dan menunjukkan sebuah periskop atau teropong kapal selam yang tampak di atas permukaan air.

Catatan waktu dalam rekaman itu menunjukkan video diambil pada Senin (4/3/2019), pukul 20.35 malam waktu setempat.

Belum ada komentar langsung dari pejabat berwenang India mengenai klaim Angkatan Laut Pakistan itu.

Sebelumnya, otoritas militer India telah mengklaim kembali menembak jatuh sebuah pesawat udara tanpa awak (UAV) yang terbang di atas wilayah udara India.

Klaim itu menjadi yang kedua kalinya disampaikan India dalam sepekan terakhir, setelah sebelumnya juga mengaku menembak drone Pakistan pada Rabu pekan lalu.

Ketegangan antara India dengan Pakistan terus meningkat dalam beberapa hari terakhir, menyusul saling tuduh antara kedua negara akan jet tempur masing-masing yang telah melanggar batas wilayah di Kashmir yang disengketakan.

Baca juga: India Klaim Kembali Tembak Jatuh Drone Pakistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com