Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumis Pilot Jet Tempur yang Ditawan Pakistan Jadi Tren di India

Kompas.com - 05/03/2019, 15:26 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN

NEW DELHI, KOMPAS.com - Letnan Kolonel Abhinandan Varthaman, pilot jet tempur yang sempat disekap Pakistan, sudah kembali dengan selamat ke India pada pekan lalu.

Abhinandan menjadi wajah konflik Pakistan dan India yang terjadi pada pekan lalu ketika jet tempur MiG-21 yang dikendalikannya jatuh ditembak militer Pakistan.

Baca juga: India Klaim Kembali Tembak Jatuh Drone Pakistan

Setelah dibebaskan di gerbang perbatasan Attari-Wagah Jumat malam waktu setempat (1/3/2019), pilot berusia 38 tahun itu dipuja sebagai pahlawan India.

Diwartakan CNN Senin (4/3/2019), sebagai bentuk penghormatan terhadap Abhinandan, di India saat ini banyak pria mulai meniru kumisnya yang unik.

Perpaduan gaya antara gunslinger dengan mutton chop, potongan kumis yang ada di India dikenal sebagai "Kumis Abhinandan".

"Terinspirasi dari Abhinandan," kata seorang warganet dengan nama Aditya Swaminathan ketika memamerkan "Kumis Abhinandan" di Twitter.

India begitu memperhatikan perkambangan kasus Abhinandan ketika Kementerian Informasi Pakistan merilis video penangkapannya.

Sebelum Islamabad merilis, sempat beredar video di mana Abhinandan dipukul dan ditendang oleh warga Horran, sebuah desa di Kashmir Pakistan tempatnya jatuh.

Ketenangannya di video yang menunjukkan dia menyesap teh, sejalan dengan warga India dan Pakistan yang menginginkan perdamaian antar-negara.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat ketika Abhinandan dibawa ke gerbang perbatasan Wagah dan dipersilakan menuju ke wilayah India.

"Selamat datang kembali Komandan Abhinandan! Negara sangat bangga akan keberanian Anda," ujar Modi dalam kicauannya di Twitter.

Setelah dibebaskan, Abhinandan dilaporkan langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan medis.

Baca juga: AS Selidiki Kabar Pakistan Gunakan F-16 untuk Tembak Jatuh Jet Tempur India

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com