Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muda dan Berpangkat Letnan, Ini Sederet Karisma Pangeran Mahkota Yordania

Kompas.com - 04/03/2019, 17:39 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

AMMAN, KOMPAS.com - Ketika Pangeran Harry telah resmi menikah dan kini sedang menanti kelahiran buah hati, perhatian mulai tertuju pada sosok pangeran lain dari sebuah kerajaan di Tepi Barat Sungai Yordan.

Dia adalah Pangeran Hussein bin Abdullah II, yang resmi menyandang status putra mahkota Yordania ketika usianya menginjak 15 tahun.

Lahir pada 28 Juni 1994, pria berusia 24 tahun ini merupakan pemegang takhta kerajaan berikutnya setelah sang ayah, Raja Abdullah II.

Baca juga: Inilah Putri Reema, Perempuan Pertama Saudi yang Ditunjuk Jadi Dubes

Memiliki 1,8 juta pengikut di Instagram, lalu seperti apa sosok Pangeran Hussein?

Pecinta keluarga

Pangeran Hussein diberi nama seperti nama kakeknya, Raja Hussein bin Talal. Dia adalah putra sulung dari Ratu Rania dan Raja Abdullah II.

Dia juga kakak dari Putri Iman, Putri Salma, dan Pangeran Hashem. Keluarganya yang berkuasa di Yordania diyakini sebagai keturunan langsung ke-42 dari Nabi Muhammad.

Sebangai anggota senior keluarga kerajaan, dia mengabdikan diri untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab. Meski demikian, dia dikenal sebagai sosok pecinta keluarga.

Foto-foto di akun Instagram-nya menunjukkan dia berfoto dengan ibunya, bermain gitar dengan adiknya, hingga menggunggah pesan yang menyentuh untuk adik-adiknya yang lain.

Perhatian untuk tunarungu

Sebagai kepala Crown Prince Foundation, Pangeran Hussein memusatkan upaya sebagai filantrop, seperti membantu kaum muda di negaranya agar mengerahkan potensi dan kreativitas secara penuh.

Dia memainkan peran aktif dalam semua kegiatan yayasannya, mulai membantu mendirikan Al Hussein Technical University untuk menyediakan implan koklea bagi tunarungu.

Pangeran Hussein juga menjadi duta besar untuk Hearing Without Borders, sebuah badan amal yang mendukung pelatihan, rehabilitasi, dan perawatan anak-anak tuli atau memiliki gangguan pendengaran.

Penggemar hobi tak biasa

Dia gemar bermain sepak bola, maka tak heran jika dia menyaksikan pertandingan liga Inggris bersama Pangeran William pada Juni 2018.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

?? ?????? ??? ??? ??? ??????? #?????? During our mid week football match! #OurJordan

A post shared by Al Hussein bin Abdullah II (@alhusseinjo) on May 2, 2018 at 12:03am PDT

Pangeran muda itu juga menyukai olahraga tinju, mengendarai sepeda motor, terjun payung, dan bahkan pernah memanjat Grand Canyon di Yordania, Wadi Al Mujib.

Dengan pasukan terjun payung, dia melompat keluar dari pesawat pada 2014. Selain bisa menerbangkan pesawat, pangeran pernah terlihat menerbangkan helikopter.

Pada 2017, dia juga pernah tertangkap kamera menikmati perjalanan dengan beberapa teman selebriti termasuk model Karlie Kloss, penyanyi Ellie Goulding, dan perancang Misha Nonoo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com