Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS kepada Duterte: Anda Mirip seperti Trump

Kompas.com - 01/03/2019, 19:44 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo berkunjung ke Filipina selama dua hari sejak Kamis (28/2/2019).

Selama kunjungannya, Pompeo bertemu dengan Presiden Rodrigo Duterte di Pangkalan Villamor yang berlokasi di Pasay City.

Baca juga: Duterte Tolak RUU yang Larang Orangtua Beri Hukuman Fisik kepada Anak

Kantor Komunikasi Kepresidenan dikutip Coconut Jumat (1/3/2019) menyatakan, keduanya mendiskusikan isu keamanan regional dan kerja sama bilateral.

Tidak dijelaskan hasil dari diskusi keduanya. Namun juru bicara presiden Salvador Panelo mengungkapkan anekdot bagaimana Pompeo menyamakan Duterte dengan Presiden Donald Trump.

Dalam konferensi pers, Panelo mengungkapkan Duterte berkata kepada Pompeo mengenai berbagai kontroversi yang terjadi kepada dirinya.

"Menlu AS kemudian menanggapi 'Wow, Anda seperti presiden saya'. Kami pun tertawa," ucap Panelo dalam bahasa Inggris dan Filipino.

Baik Duterte maupun Trump begitu hangat ketika bertemu dalam peringatan 50 tahun Organisasi Asia Tenggara (ASEAN) di Manila pada November 2017.

Mantan juru bicara Duterte Harry Roque pada 2017 mengatakan Duterte dan Trump mempunyai kesamaan baik di pemikiran, tutur bahasa, hingga sikap.

Keduanya juga menuai kritik karena kebijakan masing-masing. Trump misalnya melalui Make America Great Again yang dianggap simbol rasisme.

Maupun Duterte yang sejak terpilih pada 2016 melancarkan perang melawan narkoba yang dilaporkan sudah membunuh ribuan orang.

Panelo mengklaim Trump sudah mengundang Duterte untuk berkunjung. Namun Duterte masih belum menerima karena disebut tak bisa menghadapi suhu di AS.

"Masalahnya adalah presiden tidak bisa menghadapi cuaca dingin dan tak menyukai perjalanan jauh. Namun, beliau menghormati Presiden Trump," tukas Panelo.

Baca juga: Buruknya Lalu Lintas Manila Bikin Presiden Duterte Menyerah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com