Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Migran Anak di Pusat Penampungan AS Mengalami Kekerasan Seksual

Kompas.com - 28/02/2019, 13:27 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Pemerintah federal AS menerima lebih dari 4.500 laporan dalam empat tahun terakhir soal kekerasan seksual terhadap migran anak di pusat penahanan.

Demikian laporan dari New York Times, seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (28/2/2018).

Tren keluhan tentang insiden tersebut meningkat ketika pemerintahan Trump mengeluarkan kebijakan pemisahan keluarga migran di perbatasan.

Sejak Oktober 2014 hingga Juli 2018, Kantor Penampungan Pengungsi (ORR) menerima 4.556 laporan kekerasan seksual atau pelecehan seksual.

Baca juga: 3.000 Migran Anak di AS Bakal Jalani Tes DNA

Dari angka tersebut, sebanyak 1.303 laporan telah diajukan ke Kementerian Kehakiman dengan 178 tudingan mengarah kepada para staf yang telah melecehkan migran anak.

Sementara sisanya merupakan tuduhan anak-anak yang menyerang bocah lainnya.

"Keselamatan anak di bawah umur menjadi perhatian kami ketika menjalankan program untuk anak-anak tanpa pendamping," kata Direktur ORR Jonathan H Hayes.

"Tidak ada dari tuduhan tersebut yang melibatkan staf federal ORR. Semua tudingan ini diselidiki sepenuhnya, dan tindakan perbaikan diambil jika perlu," imbuhnya.

Dalam satu kasus, seorang staf di fasilitas penahanan Chicago dituduh membelai dan mencium seorang anak pada April 2015 dan kemudian dituding melakukan kejahatan.

Namun, laporan itu tidak menyatakan apakah orang itu dinyatakan bersalah.

BBC mewartakan, Wakil Direkur Layanan Kemanusiaan dan Kesehatan (HHS) yang membawahi ORR, Jonathan White, menyebut tudingan kekerasan seksual tidak menjurus kepada stafnya.

Dia menyatakan, tuduhan itu lebih kepada operator yang dibayar oleh HHS untuk menjalankan fasilitas penahanan bagi migran di bawah umur.

Baca juga: Ini Alasan Pentagon Diminta Tampung Migran Anak di Pangkalan Militer

Juru bicara HHS Caitlin Oakley mengatakan, tempat penampungan dijalankan oleh pusat layanan pengasuhan anak yang diizinkan oleh otoritas.

"Mereka adalah anak-anak yang rentan dalam keadaan sulit," katanya dalam sebuah pernyataan kepada Axios, yang pertama kali melaporkan dokumen pengaduan.

"Ketika ada tuduhan kekerasan, pelecehan seksual, atau penelantaran dibuat, itu ditanggapi dengan serius dan ORR bertindak cepat untuk menyelidiki dan merespons," ujarnya.

 Jonathan H Hayes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com