Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Teman Saya Kim Jong Un Bisa Belajar dari Vietnam

Kompas.com - 27/02/2019, 13:36 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

HANOI, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) kembali melontarkan pujian jelang pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Melalui kicauannya di Twitter, Trump berusaha merangkum pendekatan unik sebagai presiden dan ketajaman insting bisnisnya bisa mencairkan hubungan AS dan Korut.

Baca juga: Akhirnya, Pesawat Air Force One yang Angkut Trump Mendarat di Vietnam

Trump yang sebelumnya berkata bagaimana dia "jatuh cinta" dengan Kim, menyatakan Korut bisa belajar dari Vietnam, negara yang dulunya berselisih dengan AS kini jadi mitra dagang.

"Korut bisa seperti Vietnam, bahkan lebih cepat jika bersedia melaksanakan denuklirisasi," kata Trump dikutip AFP Rabu (27/2/2019).

"Potensinya sangat MENGAGUMKAN, peluang yang sangat jarang ditemui oleh teman saya Kim Jong Un. Kami akan tahu secepatnya. Sangat menarik!" imbuhnya.

Trump melakukan apa yang tak bisa dilakukan para pendahulunya semasa aktif, membawa Pemimpin Korut untuk saling bertatap muka.

Namun, rencana pertemuan kedua yang bakal dilaksanakan mulai Rabu ini hingga Kamis (28/2/2019) mulai diliputi tekanan.

Sebabnya pertemuan pertama di Singapura Juni 2018 lalu hanya berakhir dengan pernyataan berisi janji "denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea".

Sejak di Singapura, baik Washington maupun Pyongyang saling melontarkan definis "denuklirisasi" yang menurut mereka benar.

Meski saat ini Korut hampir setahun tidak melaksanakan tes nuklir, mereka juga tak menunjukkan sikap bakal menyerahkan senjata mereka.

Fakta itu membuat Trump kini dihadapkan harus membuat keputusan konkret, atau berisiko dikritik karena dipermainkan pemimpin yang berusia setengah dari dirinya.

Presiden 72 tahun itu membela diri dengan menyerang oposisi Partai Demokrat untuk berhenti memberi tahu apa yang harus dia lakukan.

"Mereka harusnya bertanya kepada diri mereka sendiri mengapa mereka tak melakukannya selama delapan tahun pemerintahan Barack Obam?" tanya Trump.

Baca juga: Trump Bertemu Kim Jong Un demi Rating TV?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com