Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Tiba di Vietnam

Kompas.com - 26/02/2019, 09:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,SCMP

DONG DANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Vietnam dengan menggunakan kereta, setelah melakukan perjalanan selama lebih dari dua hari dari Pyongyang.

Kereta lapis baja berwarna hijau tua dengan garis kuning itu terlihat memasuki Stasiun Perbatasan di Dong Dang pada Selasa (26/2/2019) pagi.

Kim datang dengan disambut hormat militer, seperti yang dilakukan saat menyambut kakeknya Kim Il Sung, lebih dari 50 tahun lalu.

Belasan tentara Vietnam berseragam putih hijau turut menyambut kedatangan pemimpin Korea Utara itu dan memberi hormat kepada Kim Jong Un saat keluar dari kereta dan berjalan di atas karpet merah.

Baca juga: Mengintip Kereta Api Pribadi Kim Jong Un

Kedatangan pemimpin Korea Utara, pertama kali dalam 55 tahun terakhir itu turut diiringi musik yang dimainkan oleh marching band Vietnam.

Ratusan warga Vietnam juga terlihat memadati halaman stasiun untuk menyambut tamu kehormatan sambil mengibarkan bendera Korea Utara dan Vietnam.

Dilansir SCMP, kereta lapis baja Kim telah menempuh perjalanan sejauh lebih dari 4.000 kilometer selama sekitar 65 jam dari Pyongyang, yang berangkat pada Sabtu (23/2/2019).

Kereta tersebut dilaporkan melalui rute Dandong, Tianjin, Wuhan, Hunan, Nanning, dan Pingxiang, di China yang berbatasan dengan Vietnam utara.

Setelah tiba di stasiun, pemimpin berusia 35 tahun itu langsung melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menggunakan mobil limusin anti-peluru menuju Hanoi, tempat diselenggarakannya pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump.

Sementara Presiden Trump diharapkan akan tiba di Hanoi menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One, pada Selasa malam.

Pertemuan puncak kedua antara Presiden Trump dengan Kim Jong Un dijadwalkan dilangsungkan selama dua hari, yakni 27-28 Februari.

Menurut Gedung Putih, agenda pada hari Rabu adalah makan malam bersama dan baru dilanjutkan dengan pembicaraan utama pada keesokan harinya.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan pertama kedua pemimpin negara tahun lalu di Singapura yang menghasilkan kesepakatan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea, meski hingga kini belum ada perkembangan yang signifikan.

Baca juga: Jelang Kedatangan Kim Jong Un, Stasiun Kereta di Perbatasan Vietnam-China Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com