Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Kurdi Suriah Ekstradisi 280 Anggota ISIS ke Irak

Kompas.com - 25/02/2019, 09:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS dilaporkan telah mengekstradisi hingga 280 anggota kelompok teroris ISIS ke Irak.

Jumlah tersebut bertambah dibandingkan laporan sebelumnya yang menyatakan hanya memulangkan sekitar 130 anggota ISIS asal Irak.

Disampaikan kantor media keamanan Irak, SDF telah menahan sejumlah besar anggota asing ISIS dari berbagai negara, termasuk lebih dari 500 asal Irak. Dari jumlah tersebut sebagian telah dipulangkan ke Baghdad.

"Sejauh ini sudah sebanyak 280 (warga Irak) yang dipulangkan," tulis laporan media Irak, Minggu (24/2/2019).

Baca juga: Pasukan Kurdi Suriah Serahkan 130 Anggota ISIS Asal Irak ke Baghdad

Pemulangan anggota ISIS asal Irak itu disebut telah dilakukan dalam beberapa gelombang pengiriman. Sebelumnya pada Kamis (21/2/2019), sebanyak 130 warga Irak telah dipulangkan.

Namun kabar pengiriman anggota ISIS asal Irak itu sempat dibantah salah seorang juru bicara pasukan yang didukung AS.

"Pengiriman tersebut telah diatur untuk terus dilanjutkan hingga selesai," tulis pernyataan media keamanan Irak, dikutip AFP.

"Pasukan keamanan Irak telah menerima daftar nama yang akan diperiksan berdasarkan data yang dimiliki dan tetap berkoordinasi dengan pihak pengadilan yang telah mengeluarkan surat dakwaan terhadap anggota militan," lanjut pernyataan itu.

Perdana Menteri Irak Adel Abdel Mahdi mengatakan dalam konferensi pers mingguannya, Selasa (19/2/2019) pekan lalu, bahwa negaranya kini masih memantau situasi di Suriah timur secara cermat, karena mereka khawatir sisa-sisa anggota ISIS dapat menyelinap melalui perbatasan dan masuk ke wilayah Irak.

Irak telah mendeklarasikan kemenangan atas ISIS pada Desember 2017, setelah berhasil mengusir para anggota teroris dari petak-petak yang sempat dikuasai pada 2014.

Sementara di Suriah, pasukan yang didukung AS, telah berhasil mengepung kelompok terakhir ISIS dalam area pertahanan mereka yang tersisa kurang dari 500 meter persegi di sebuah desa di wilayah timur.

Mereka kini tengah bersiap untuk melancarkan serangan terakhir segera setelah mampu mengeluarkan seluruh warga sipil yang masih terjebak di wilayah ISIS.

Kabar terakhir pada Rabu (20/2/2019) menyebutkan ratusan warga sipil telah dikeluarkan dari wilayah terakhir ISIS menggunakan truk-truk yang membawa mereka ke kawasan yang dikuasai pasukan koalisi pimpinan AS.

Baca juga: Konvoi Truk Warga Sipil Terlihat Keluar dari Wilayah Terakhir ISIS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com